Planet Mars Pada Malam Hari Diabadikan Curiosity


Info Astronomy — Curiosity untuk pertama kalinya berhasil mengabadikan sebuah gambar yang diambil pada malam hari di sebuah batu di planet Mars.

Curiosity menggunakan kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) yang terpasang di lengannya untuk memotret pada malam hari, instrumen ini diterangi oleh lampu putih dan lampu ultraviolet.

Para ilmuwan menggunakan Mahli untuk melihat lebih dekat batu yang dikenal sebagai "Sayunei" pada malam hari, di daerah yang disebut "Yellowknife Bay". NASA mengatakan dalam sebuah keterangan gambar bahwa foto Sayunei meliputi wilayah sekitar 1,3 : 1 inci.

Tempat dimana gambar malam ini diambil berada di dekat tempat yang direncanakan akan dilakukan pengeboran untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu mendatang. Curiosity mengambil gambar ini pada tanggal 22 Januari dan mengirimnya ke Bumi tanggal 23 Januari.

Mahli dapat mengatur fokus warna kamera yang mencakup sumber LED pencahayaan sendiri. Sumber cahaya ini memungkinkan fitur permukaan untuk melemparkan bayangan, dan memberikan detail tekstur, kata NASA. LED memancarkan cahaya dalam waveband berpusat pada panjang gelombang 365 nanometer.

"Tujuan memperoleh pengamatan di bawah cahaya ultraviolet adalah untuk mencari mineral neon," kata Mahli Principal Investigator Ken Edgett dari Malin Space Science Systems, San Diego, dalam sebuah pernyataan. "Data ini baru saja tiba pagi ini. Tim ilmuwan masih melakukan pengamatan.

Paparan ultraviolet pencahayaan diambil dalam durasi 30 detik. NASA memposting gambar ini sebelum analisis selesai tentang apakah mineral neon hadir dalam pencahayaan itu. Dalam gambar, beberapa bahan putih bersinar dapat dilihat di sisi kiri bawah gambar, namun NASA tidak mengakui fitur dalam gambar ini.

NASA juga merilis gambar malam Mahli yang lain, dimana dua titik kebiruan dari refleksi LED dapat dilihat. NASA mengatakan bahwa target ini terbuat dari batuan silikon yang divulkanisir. [redorbit]
Planet Mars Pada Malam Hari Diabadikan Curiosity Planet Mars Pada Malam Hari Diabadikan Curiosity Reviewed by Kontributor on 1/25/2013 02:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.