Nebula Lambda Centauri, Angry Bird di Langit Semesta


Info Astronomy — Jika Anda adalah penggemar dari permainan digital Angry Bird yang sekarang sedang populer, maka di luar angkasa pun terdapat fenomena nebula yang menyerupai Angry Bird.

Teleskop MPG/ESO berhasil mengambil citra dari Nebula Lambda Centauri yang merupakan awan hidrogen yang bersinar dan bintang yang baru lahir di konstelasi Centaurus (The Centaur). Nebula ini juga dikenal dengan IC 2944 yang kadang diberi julukan "Running Chicken Nebula".

Pada nebula yang jaraknya 6500 tahun cahaya dari Bumi ini, bintang baru lahir dan dibentuk dalam awan gas hidrogen yang bersinar dengan sinar ultraviolet. Radiasi yang intens akan membuat awan hidrogen di sekitarnya bereaksi, sehingga cahayanya berwarna merah. Warna ini adalah warna khas dari daerah tempat terbentuknya bintang. Hal yang serupa dijumpai pada Nebula Lagoon (eso0936). [Adi]
Nebula Lambda Centauri, Angry Bird di Langit Semesta Nebula Lambda Centauri, Angry Bird di Langit Semesta Reviewed by Kontributor on 1/21/2013 06:33:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.