Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Galaksi Triangulum, Terdekat ke-2 Bima Sakti Setelah Andromeda

Galaksi Triangulum, Terdekat ke-2 Bima Sakti Setelah Andromeda

Info Astronomy — Triangulum, konstelasi kecil di utara merupakan sebuah galaksi spiral yang megah, disebut juga M33 (Messier 33). Nama populernya meliputi Galaksi Pinwheel dan Galaksi Triangulum.

Galaksi M33 memiliki diameter 50.000 tahun cahaya, terbesar ke-3 di kelompok galaksi lokal setelah Galaksi Andromeda (M31), dan Galaksi Bima Sakti kita. Galaksi Triangulum berjarak sekitar 3 juta tahun cahaya dari Bima Sakti, Galaksi Triangulum itu sendiri sering dianggap sebagai galaksi satelit dari Galaksi Andromeda.

Gambar ini menunjukkan rincian tajam gugus bintang biru dan bintang merah muda membentuk daerah di lengan spiral terbuka dari M33. Bahkan NGC 604, yang merupakan wilayah pembentukan bintang paling terang terlihat di sini, di sekitar posisi jam 4 dari pusat galaksi.

Seperti M31, para bintang penghuni M33 membantu para ilmuwan sebagai tolak ukur untuk membangun skala jarak alam semesta. [NASA]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.