Bulan-Jupiter-Aldebaran Membentuk Segitiga di Langit Malam Ini


Info Astronomy — Bulan dan Planet Jupiter saat ini (20:10 WIB 21 Januari 2013) sedang berdekatan 0,5 derajat di langit malam. Bagi Anda yang cermat mengamatinya, Anda akan menemui bintang merah di arah timur Jupiter, ia adalah Bintang Aldebaran.

Aldebaran (α Tau, α Tauri, Alpha Tauri) adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye.

Si Bull's Eye, Bulan, dan Planet Jupiter saat ini membentuk segitiga di langit. Tepatnya segitiga sama kaki, Bulan dan Aldebaran menjadi kakinya. Tidak jauh dari mereka, di timur ada rasi Orion dengan ciri khas 3 bintang berjejer, dan ke tenggara ada Bintang Sirius di rasi Canis Major. [riza]
Bulan-Jupiter-Aldebaran Membentuk Segitiga di Langit Malam Ini Bulan-Jupiter-Aldebaran Membentuk Segitiga di Langit Malam Ini Reviewed by Kontributor on 1/21/2013 08:05:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.