Bulan-Jupiter-Aldebaran Membentuk Segitiga di Langit Malam Ini

Info Astronomy — Bulan dan Planet Jupiter saat ini (20:10 WIB 21 Januari 2013) sedang berdekatan 0,5 derajat di langit malam. Bagi Anda yang cermat mengamatinya, Anda akan menemui bintang merah di arah timur Jupiter, ia adalah Bintang Aldebaran.

Aldebaran (α Tau, α Tauri, Alpha Tauri) adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye.

Si Bull's Eye, Bulan, dan Planet Jupiter saat ini membentuk segitiga di langit. Tepatnya segitiga sama kaki, Bulan dan Aldebaran menjadi kakinya. Tidak jauh dari mereka, di timur ada rasi Orion dengan ciri khas 3 bintang berjejer, dan ke tenggara ada Bintang Sirius di rasi Canis Major. [riza]