Mengamati Planet Asing yang Mengitari Bintang Induknya

Planet asing mengitari Beta Pictoris. Kredit: ESO/VLT
Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat planet asing mengitari bintangnya? Baru-baru ini, Observatorium Selatan Eropa (ESO) telah merilis serangkaian gambar yang menampilkan hal tersebut.

Dipotret menggunakan Very Large Telescope (VLT), serangkaian gambar tersebut menunjukkan planet asing Beta Pictoris b yang sedang bergerak mengorbit bintang induknya, 63 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Planet asing tersebut diketahui mengorbit sang bintang pada jarak sekitar 1,3 miliar kilometer, sedikit lebih dekat daripada jarak Saturnus ke Matahari.

Beta Pictoris b sendiri merupakan planet raksasa gas, diameternya diketahui sekitar 1,5 kali diameter Jupiter dan sekitar 13 kali lebih masif dari Jupiter. Diperlukan waktu sekitar 20 tahun untuk Beta Pictoris b mengorbit bintangnya.

Terlepas dari jarak orbitnya yang sangat jauh, ia merupakan planet asing terdekat dari Bumi yang pernah dicitrakan secara langsung oleh para astronom. Dari serangkaian gambar yang diambil, melalui pengamatan spektrumnya, planet ini diperkirakan sangat panas, dengan suhu rata-rata sekitar 1.500 derajat Celsius.
Serangkaian gambar Beta Pictoris b. Kredit: ESO/VLT
Serangkaian gambar Beta Pictoris b diambil dengan instrumen ilmiah bernama Spectro-Polarimetric High-contrast Exoplanet REsearch, atau disingkat SPHERE, yang terpasang pada VLT.

Selama ini, pencitraan langsung sebuah planet asing sangatlah sulit. Tidak hanya karena jaraknya yang sangat jauh, tetapi juga akibat kecerahan bintang. Itulah mengapa pada gambar-gambar di atas, bagian bintangnya diblok. Meskipun ini bukan gambar planet asing pertama, namun gambar-gambar ini memiliki detail yang sangat tinggi.

"Gambar-gambar ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, membuka era baru pada salah satu bidang astronomi yang paling menarik dan menantang: menemukan dan mengkarakterisasi planet asing," tulis ESO dalam situs web resminya.

Instrumen SPHERE sendiri memang dirancang untuk pengamatan semacam ini. Namun, instrumen tersebut juga memiliki keterbatasan. Planet akan menghilang dari pandangan ketika melintas dekat dengan bintangnya dalam pandangan dari Bumi, sehingga kita tidak bisa mencitrakannya.

Oh iya, kamu juga bisa melihat videonya di bawah ini ketika Beta Pictoris b mengitari bintang induknya: