Temukan Segitiga Musim Panas di Langit Malam

Info Astronomy - Segitiga musim panas, rasi bintang apa tuh? Juni tinggal menghitung hari. Di belahan Bumi utara, sebentar lagi akan masuk musim panas. Kemunculan segitiga musim panas pun jadi pertanda.

Segitiga musim panas bukan rasi bintang, melainkan sebuah asterisma, atau pola bintang yang terbentuk dari beberapa rasi bintang berbeda. Segitiga musim panas, seperti namanya, berbentuk segitiga. Pola ini terdiri dari tiga bintang terang dalam tiga rasi bintang yang terpisah: Deneb di rasi bintang Cygnus; Vega di rasi bintang Lyra; dan Altair di rasi bintang Aquila.

Menemukan Segitiga Musim Panas

Pada malam-malam bulan Juni hingga Juli, lihatlah ke arah timur untuk menemukan bintang putih kebiruan yang berkilau mulai tengah malam, itu bisa jadi adalah Vega, bintang yang berada di posisi atas dalam asterisma segitiga musim panas.

Sekali menemukan Vega, lihatlah ke kanan bawahnya untuk menemukan bintang paling terang kedua di segitiga musim panas, Altair, yang juga merupakan bintang paling terang di rasi bintang Aquila.

Sudah menemukan Altair? Tengok ke kiri bawah Vega untuk bintang terang lainnya, Deneb, yang paling terang di rasi bintang Cygnus dan yang paling terang ketiga di segitiga musim panas. Kamu nantinya akan menyadari bahwa ketiga bintang ini membentuk pola segitiga yang unik persis seperti pada gambar di atas.

Kesulitan menemukan bintang-bintang yang disebutkan di atas? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta bintang yang bisa diunduh gratis di toko aplikasi kok!

Baca Juga: 5 Aplikasi Peta Langit yang Wajib Dicoba

Pemandu ke Bimasakti

Jika kamu mengamati segitiga musim panas di bawah kondisi langit yang gelap minim polusi cahaya dan cuaca cerah, kamu bisa menemukan bentangan galaksi Bimasakti tepat di arah segitiga musim panas tersebut.
Walaupun nantinya bentangan galaksi Bimasakti tidak seterang yang ada pada gambar di atas saat diamati dengan mata telanjang, bila lokasi pengamatanmu benar-benar ideal, kamu tetap bisa melihat bentangan Bimasakti tipis-tipis.

Kenapa disebut Segitiga Musim Panas?

Membentuk pola segitiga, Vega-Altair-Deneb disebut sebagai segitiga musim panas karena mereka memang muncul pada masa-masa awal musim panas di belahan Bumi utara. Dengan kata lain, saat asterisma ini sudah berada cukup tinggi di langit saat malam, itu seolah menjadi penanda bahwa musim panas segera tiba.

Di langit Indonesia, asterisma segitiga musim panas terlihat sedikit ke utara. Pada titik tertingginya, segitiga musim panas akan merentang dari ketinggian 35 hingga 70 derajat dari cakrawala utara. Lain halnya saat diamati dari belahan Bumi utara, asterisma ini akan berada di langit atas kepala di titik tertingginya. Hal ini disebabkan karena Bumi yang bulat.

Jadi, sudah siap mengamati segitiga musim panas?
BERIKAN KOMENTAR ()