Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengenal Gerak Benda-benda Tata Surya

Mengenal Gerak Benda-benda Tata Surya


Info Astronomy — Tata surya, yang memiliki Matahari sebagai pusatnya dan terdiri atas 8 planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus) yang tiap planet (kecuali Merkurius dan Venus) memiliki satelit alam. Semua bergerak saling mengelilingi, satelit mengelilingi planet, planet mengelilingi matahari.

Tahukah Anda tentang gerak benda-benda langit itu? Simak artikel ini.

Gerak Prograde adalah gerakan yang umum. Secara umum gerakan planet-planet dan benda-benda Tata Surya bergerak berlawanan jarum jam jika dilihat dari utara Ekliptika. Jika dilihat dari pengamat di Bumi, gerakan benda langit secara umum yang terlihat dari Bumi arah pergerakannya dari Timur ke Barat.

Gerak Retrograde kebalikan dari Prograde, gerakan yang melawan/berkebalikan arah dengan gerakan yang umum. Pada tata surya yang secara umum bergerak elawan jarum jam, maka jika ada benda yang bergerak searah jarum jam disebut bergerak retrograde. Di Bumi dikatakan bergerak retrograde jika gerakannya yaitu terlihat dari Barat dan bergerak ke arah Timur. Semua planet superior pada suatu saat akan terlihat dari Bumi mengalami gerak retrograde, tetapi hanya sementara, setelah itu kembali bergerak secara prograde.

Gerak Helix, gerakan spiral, biasanya terjadi pada satelit yang mengelilingi planet sementara planet tersebut mengelilingi Matahari, maka lintasan satelit akan menjadi spiral. [mtn]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.