Teleskop James Webb Jepret Indahnya Objek Herbig-Haro, Apa Itu?

Info Astronomy - Alam semesta berisi beragam jenis objek, mulai dari asteroid, planet, bintang, galaksi, lubang hitam, hingga... Herbig-Haro. Sudah tahukah kamu apa itu Herbig-Haro?

Objek Herbig-Haro, biasa disingkat HH oleh para astronom, adalah sebuah nebula yang berpijar terang, yang dibentuk oleh sebuah jet dari sebuah protobintang atau bintang yang baru saja lahir. Salah satu objek HH yang menarik perhatian para astronom adalah HH 46/47.

HH 46/47 adalah pasangan bintang muda yang ekstrem. Selama ribuan tahun terakhir, mereka telah menarik gas dan debu yang tersisa dari nebula yang membentuk mereka dan kemudian melontarkannya kembali dalam pancaran jet yang spektakuler.

Prosesnya tarik-lontar ini bahkan belum berakhir. Kedua bintang tersebut masih aktif menyerap materi dari nebulanya. Dan kini, pengamatan terbaru dari teleskop antariksa James Webb memberikan wawasan baru yang luar biasa tidak hanya pada objek-objek HH, tetapi juga pada pembentukan bintang secara umum.

Jet yang dilontarkan objek HH memiliki peran mendasar dalam bagaimana bintang pada akhirnya tumbuh. Ejeksi ini mengatur ukuran akhir sebuah bintang. Jadi, memahami perilaku mereka artinya berhubungan langsung dengan seberapa banyak yang kita ketahui tentang pembentukan bintang.

Objek HH 46/47 ini terletak di rasi bintang Vela, sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi. Mereka terdiri dari dua bagian yang terpisah, yaitu HH 46 dan HH 47. HH 46 adalah jet yang terlihat memanjang ke arah barat daya, sedangkan HH 47 adalah jet yang terlihat memanjang ke arah timur laut. Kedua jet ini terbentuk ketika semburan sempit dari gas yang terionisasi dikeluarkan oleh bintang yang baru lahir dan bertabrakan dengan awan gas dan debu di sekitarnya.

Studi terhadap objek Herbig-Haro 46/47 memberikan wawasan tentang proses pembentukan bintang dan evolusi awalnya. Observasi menggunakan teleskop inframerah seperti James Webb ini dapat membantu mengungkapkan struktur dan sifat fisik dari objek ini.

Dengan mempelajari objek Herbig-Haro 46/47, para ilmuwan dapat memahami lebih lanjut tentang bagaimana bintang-bintang baru terbentuk dan bagaimana mereka mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Ini penting untuk memahami evolusi galaksi dan pembentukan sistem bintang seperti tata surya kita sendiri.

• Arce, H. G., Mardones, D., Corder, S. A., Garay, G., Noriega-Crespo, A., & Raga, A. C. (2013). ALMA observations of the HH 46/47 molecular outflow. The Astrophysical Journal, 774(1), 39.
  • Estrella-Trujillo, D., Velázquez, P. F., Raga, A. C., & Esquivel, A. (2021). Numerical Models of Externally Irradiated Herbig–Haro Objects. The Astrophysical Journal, 918(2), 75.
  • Zhang, Y., Arce, H. G., Mardones, D., Cabrit, S., Dunham, M. M., Garay, G., ... & Corder, S. A. (2019). An Episodic Wide-angle Outflow in HH 46/47. The Astrophysical Journal, 883(1), 1.

1. :( dah lama gk ngepost disini min... Setiap hari bahkan saya cek web nya tpi baru ini setelah sekian lama ada post baru
    1. Wah, maaf bikin menunggu ya. Sekarang sudah mulai aktif lagi nih.