10 Objek Langit Malam yang Wajib Diamati Astronom Amatir

Kredit: Pexels.com
Info Astronomy - Siapa itu astronom amatir? Kita. Seseorang yang menjadikan astronomi sebagai hobi boleh disebut (atau menganggap dirinya) sebagai astronom amatir. Karena hanya hobi, itu artinya kita hanya perlu menikmati keindahan langit malam.

Ada begitu banyak objek langit malam yang bisa diamati sebenarnya. Tapi, bagi astronom amatir, belum afdol rasanya bila belum mengamati sepuluh objek langit di bawah ini. Penasaran apa saja objek langitnya?

Bulan

Bulan adalah objek langit paling mudah ditemukan oleh astronom amatir sekalipun. Bila rutin mengamati Bulan setiap harinya, maka kita bisa belajar mengenai fase-fase Bulan yang terus berubah seiring ia mengitari Bumi.

Bulan menjadi semacam "objek latihan" yang sangat baik bagi para pengamat langit baru, karena banyak fitur permukaan Bulan yang menarik untuk diamati. Seperti halnya kawah-kawah di Bulan, maria (wilayah gelap di Bulan yang terdiri dari lava dingin), tebing-tebing curam, dan masih banyak lagi.

Mulailah dari Bulan.

Planet-planet

Puas mengamati Bulan, kamu juga bisa melihat planet-planet tata surya, khususnya yang terang-terang saja seperti Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Mengapa mereka terang? Karena mereka berada relatif lebih dekat ke Matahari, sehingga cahaya Matahari masih sanggup menyinarinya dengan cukup terang.

Venus
Planet Venus merupakan planet dengan kenampakan paling terang di langit malam, bahkan menjadi objek langit paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Venus juga memiliki fase, seperti Bulan, saat diamati melalui teleskop.

Dalam pandangan mata, planet Venus muncul bagaikan bintang paling terang, yang cahayanya tidak berkelap-kelip. Venus mungkin tidak menampilkan detail apapun pada permukaannya selain fase tadi, tetapi kamu pasti ingin melihatnya lagi dan lagi.

Mars
Planet Merah, itulah julukannya. Menemukan Mars adalah salah satu pengalaman paling menarik yang bisa dilakukan oleh astronom amatir atau orang awam sekalipun. Dalam kasat mata, ia muncul bagaikan bintang merah terang yang tidak berkelap-kelip.

Namun, dalam pandangan teleksop, kita bisa melihat Mars selebar 4", sehingga kita bisa melihat detail permukaannya yang menarik, seperti area planet yang lebih gelap, sampai keberadaan es kering di kedua kutub Mars.

Jupiter diamati lewat teleskop. Kredit: Rob Pettengill
Jupiter
Sang planet termasif di tata surya kita ini juga sangat menarik untuk diamati. Jupiter sendiri menjadi objek langit paling terang keempat di langit Bumi setelah Matahari, Bulan, dan Venus.

Bila kamu amati dengan mata saja, planet ini akan muncul dengan cahaya kekuningan terang, seperti bintang saja. Pengamatan melalui teleskop baru bisa membantu dalam melihat Jupiter lebih jelas, lengkap dengan Bintik Merah Besar yang merupakan badai seukuran tiga kali diameter Bumi, serta bulan-bulan terbesarnya.

Saturnus
Planet Saturnus tampaknya menjadi planet paling menarik untuk diamati. Bagaimana tidak, ia memiliki cincin raksasa yang sangat unik. Tapi lagi-lagi, fitur seperti cincin ini hanya bisa kamu amati melalui teleskop.

Dibutuhkan teleskop dengan magnifikasi setidaknya 75 kali agar kamu bisa melihat cincin Saturnus. Walau begitu, cincin Saturnus juga tidak selalu terlihat. Ada masanya di mana cincin sejajar dalam pandangan dari Bumi, sehingga Saturnus tampak tidak memiliki cincin.

Gugus Bintang

Mengamati bintang mungkin sudah biasa, tapi pernahkah kamu mengamati gugus bintang? Gugus bintang merupakan sekumpulan bintang yang terikat bersama dalam gravitasi. Ada dua jenis gugus bintang; gugus terbuka dan gugus bola.

Perbedaan gugus terbuka dan gugus bola adalah kenampakannya. Pada gugus terbuka, bintang-bintang anggotanya tampak menyebar tak beraturan. Sementara pada gugus bola, kumpulan bintang itu membentuk struktur membulat yang padat.

Gugus Bintang Pleiades (M45)
Gugus Pleiades. Kredit: Greg Hogan
Pleiades merupakan gugus bintang yang paling mudah ditemukan dan paling terang di langit malam. Juga dikenal sebagai "Tujuh Saudara", kelompok bintang ini bisa diamati di arah rasi bintang Taurus. Secara kasat mata, kamu akan melihat Pleiades terdiri dari selusin bintang.

Tapi, saat diamati lewat teleskop, barulah sebagian besar bintang di Pleiades, yang notabene adalah bintang biru panas dengan usia dan komposisi yang sama, bisa teramati. Sebaiknya amati gugus bintang ini di lokasi yang gelap dan cerah, agar kamu bisa melihat pula awan antarbintang kebiruannya.

Galaksi

Tahukah kamu kalau kita bisa melihat galaksi tetangga? Memang, tidak semua orang bisa mengamatinya karena tinggal di area berpolusi cahaya tinggi. Tapi bila kamu berkesempatan main ke area jauh dari perkotaan, cobalah untuk melihat galaksi tetangga.

Galaksi Andromeda
Galaksi tetangga yang dimaksud adalah Andromeda. Ia merupakan galaksi spiral besar terdekat galaksi Bimasakti. Walau bisa diamati dengan kasat mata, ada baiknya kamu menggunakan teleskop untuk mengamati galaksi Andromeda.

Melalui teleskop, Andromeda akan tampak sebagai pita putih besar dengan bintik-bintik kecil terang yang merupakan bintang-bintang anggotanya. Kunci untuk menemukan galaksi spiral besar ini adalah menemukan rasi bintang Pegasus terlebih dahulu, dan kemudian dari sana kamu dapat menemukannya di rasi bintang Andromeda.

Kenampakan galaksi Andromeda di antara bintang-bintang Bimasakti. Kredit: Martin Mathadinata
Setelah kamu berhasil menemukan Andromeda, kamu sedang mengamati sebuah galaksi besar yang sedang mendekati galaksimu dengan kecepatan 125 kilometer per detik. Dalam 4 sampai 5 miliar tahun mendatang, Andromeda dan Bimasakti akan mengalami merger, menyatu menjadi galaksi Bimameda, Androsakti, atau Bimaandro, sesukamu lah. Aku ikut.

Nebula

Merupakan awan antarbintang, banyak nebula cantik di langit yang bisa kita amati setiap malamnya. Tapi di bawah ini, kami akan berikan tiga nebula terbaik yang wajib kamu amati. Tapi, pengamatan nebula sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan kasat mata tanpa alat bantu pengamatan.

Nebula Orion
Nebula Orion
Karena Orion terletak hampir di ekuator langit, ia bisa diamati dari hampir seluruh permukaan Bumi, termasuk Indonesia tentu saja. Nebula ini merupakan salah satu nebula yang paling dikenal di seluruh langit. Selain cukup terang, ia juga relatif dekat jaraknya.

Terletak di rasi bintang Orion, tepatnya di dekat asterisma Sabuk Orion yang terdiri dari tiga bintang sejajar (Alnilam, Alnitak, Mintaka), nebula ini tampak berwarna merah muda cerah.

Berjarak 1.300 tahun cahaya jauhnya, nebula ini berisi lebih dari 1.000 bintang muda. Magnitudonya di langit Bumi adalah +4,0. Cukup teranglah bila diamati di area dengan kondisi langit yang gelap, bebas polusi cahaya, dan cuacanya cerah.

Nebula Cincin
Nebula Cincin
Nebula Cincin terletak di rasi bintang Lyra, dan mungkin sulit ditemukan karena kenampakannya yang redup. Tapi, sekali kamu menemukannya, kamu akan menyukainya. Kamu pasti akan ingin melihatnya selama mungkin.

Terletak di antara dua bintang yang cukup terang, yakni bintang Sheliak dan Sulafata, di rasi bintang Lyra, kamu perlu menggunakan teleskop dengan pembesaran yang baik untuk melihatnya.

Ingat, pembesaran yang baik, bukan yang tinggi. Sebab, pembesaran yang tinggi cenderung "menggelapkan" pandangan. Bila kamu berhasil menemukannya, harap jangan gunakan Nebula Cincin untuk melamar kekasihmu, ya!

Nebula Kepiting
Nebula Kepiting
Pencinta seafood? Nebula Kepiting sepertinya lezat. Juga dikenal sebagai M1, nebula ini menjadi objek pertama dalam katalog Messier. Disebut sebagai Nebula Kepiting karena memang kenampakannya yang mirip dengan kepiting.

Nebula ini sendiri merupakan sisa-sisa bintang yang meledak sebagai supernova pada tahun 1054. Catatan astronomi Tiongkok mengidentifikasinya sebagai "bintang tamu", dan juga menyebutkan bahwa nebula itu sempat terlihat pada siang hari.

Namun saat ini, Nebula Kepiting hanya dapat dilihat pada malam hari di area tanduk rasi bintang Taurus, yang merupakan rasi bintang di arah tenggara Orion. Untuk mendapatkan tampilan terbaik nebula ini, gunakan pembesaran teleskop sekitar 200 kali.

Nah, itulah objek-objek langit yang wajib diamati oleh astronom amatir. Belum punya teleskop? Menabunglah. Atau jadilah teman hidupku, kupinjamkan teleskop, kita amati langit bersama setiap malam.
10 Objek Langit Malam yang Wajib Diamati Astronom Amatir 10 Objek Langit Malam yang Wajib Diamati Astronom Amatir Reviewed by Riza Miftah Muharram on Mei 11, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!