Ketika Bulan Fotobom Planet Bumi

Bulan bergerak di depan wajah Bumi dalam pandangan dari satelit DSCOVR. Kredit: NASA
Info Astronomy - Untuk kedua kalinya dalam setahun, kamera satelit Deep Space Climate Observatory (DSCOVR) berhasil memotret pemandangan saat Bulan bergerak di depan sisi Bumi yang menghadap ke Matahari. Inilah momen ketika Bulan fotobom planet Bumi kita.

"Untuk kedua kalinya dalam misi DSCOVR, kami berhasil meotret momen saat Bulan transit di antara satelit DSCOVR dan Bumi," kata Adam Szabo, ilmuwan proyek DSCOVR di NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, AS. "Fotobom Bulan ini dipotret pada tanggal 5 Juli dengan pengaturan kamera yang sama dengan fotobom pertama beberapa bulan yang lalu."

Citra transit Bulan di depan wajah Bumi kali ini juga masih dipotret menggunakan instrumen Earth Polichromatic Imaging Camera (EPIC), sebuah kamera CCD empat megapixel yang disematkan pada sebuah teleskop di badan satelit DSCOVR yang mengorbit Bumi dari jarak 1,3 juta kilometer. Misi utama satelit DSCOVR adalah melakukan pengamatan angin surya secara langsung untuk National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

EPIC mempertahankan pandangan konstan ke arah Bumi secara terus menerus sejak ia tiba di orbitnya tersebut, memberikan pengamatan ilmiah terkait lapisan ozon, vegetasi, ketinggian awan dan aerosol di atmosfer. Kamera EPIC menyediakan serangkaian gambar Bumi secara real-time yang memungkinkan studi  harian di seluruh dunia.

Citra fotobom Bulan ini dipotret pada taggal 5 Juli 2016 pukul 14:18 WIB, menunjukkan Bulan yang bergerak du atas Samudra Hindia menuju Pasifik. Kutub Utara berada di bagian atas gambar.
Ketika Bulan Fotobom Planet Bumi Ketika Bulan Fotobom Planet Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/12/2016 10:57:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.