Astronot Inggris Rekam Planet Venus yang Muncul Bersama Aurora dari ISS

Planet Venus (bintik paling terang) dan Aurora Borealis. Kredit: Tim Peake, ESA
Info Astronomy - Semua pasti setuju bahwa aurora merupakan peristiwa langit yang sangat indah. Keindahan aurora tak ditampik siapapun bila melihatnya di daratan. Namun apa jadinya jika peristiwa langit itu dilihat dari luar angkasa? Astronot asal Inggris, Timothy Peake, berhasil merekam planet Venus dan aurora.

Timothy Peake tergabung dalam European Space Agency (ESA), ia merekam aurora yang berada di belahan Bumi bagian utara atau yang dikenal dengan Aurora Borealis. Terlihat warna hijau khas aurora yang bergerak 'melukis' atmosfer Bumi. Sementara saat itu keadaan wilayah Bumi sedang gelap-gelapnya, ada planet Venus yang muncul paling terang.

Peake merekam planet Venus dan Aurora Borealis tersebut langsung di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Seperti diketahui, Peake sedang menjalankan misi antariksa dengan tinggal di ISS selama enam bulan sejak 14 Desember 2015 silam.

Rekaman itu pun diunggah oleh Peake ke media sosial Twitter. Ia menuliskan, Venus terbit di balik aurora. Menurut British Geological Survey (GSG), aurora terjadi ketika ada ledakan di permukaan Matahari yang meluncurkan sejumlah besar partikelnya ke luar angkasa. Beberapa dari partikel tersebut tertarik oleh medan magnet di Bumi.

Hal itu membuat adanya tabrakan dengan molekul gas di atmosfer, energi dari tabrakan itu pun menjadi sebuah cahaya yang dinamakan aurora. Fenomena itu hanya terjadi di kutub Selatan Bumi (Aurora Australis) dan kutub Utara (Aurora Borealis).

Berikut hasil rekaman Timothy Peake:

Astronot Inggris Rekam Planet Venus yang Muncul Bersama Aurora dari ISS Astronot Inggris Rekam Planet Venus yang Muncul Bersama Aurora dari ISS Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/30/2016 06:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.