Mengenal Aldebaran, Bintang yang 153 kali Lebih Terang dari Matahari

Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy - Mari mengenal bintang Aldebaran, bintang paling terang di konstelasi Taurus ini adalah bintang yang sedang mengalami penuaan dan berukuran besar! Diameternya diperkirakan mencapai 40 kali diameter Matahari. Jika Aldebaran ditempatkan pada pusat Tata Surya kita, permukaannya akan mencapai hampir ke orbit Merkurius.

Bintang ini bersinar dengan warna oranye kemerahan, diklasifikasikan sebagai bintang raksasa K5. Dalam cahaya tampak, Aldebaran bersinar sekitar 153 kali lebih terang dari Matahari. Meskipun lebih terang, namun suhu permukaannya lebih rendah, kira-kira 4000 Kelvin, dibandingkan dengan Matahari yang 5800 Kelvin.

Aldebaran terletak pada jarak sekitar 65 tahun cahaya. Menariknya, Aldebaran memiliki bintang pendamping kecil, sebuah bintang katai merah kelas-M, yang berjarak 3,5 hari cahaya dari Aldebaran. Dengan kata lain, cahaya dari Aldebaran perlu melakukan perjalanan selama 3,5 hari untuk mencapai bintang pendamping tersebut. Berbeda dengan cahaya dari Matahari kita, yang membutuhkan 8 menit untuk melakukan perjalanan ke Bumi.

Bagaimana cara menemukan Aldebaran? Aldebaran mudah untuk ditemukan. Ia berada di rasi bintang Taurus yang bersebelahan dengan rasi bintang Orion. Cahayanya yang kemerahan dan terang, membuatnya gampang dikenali di langit malam.

Untuk menemukan Aldebaran dengan memanfaatkan rasi bintang Orion, pertama Anda harus temukan dulu tiga bintang berjejer di sabuk Orion. Kemudian tarik garis imajiner melalui sabuk ke arah kanan. Bintang terang pertama berwarna kemerahan yang Anda lihat adalah Aldebaran.

Aldebaran merupakan bintang paling terang di langit malam ke-14. Bintang paling terang di langit malam ke-1 ditempati oleh bintang Sirius.
Mengenal Aldebaran, Bintang yang 153 kali Lebih Terang dari Matahari Mengenal Aldebaran, Bintang yang 153 kali Lebih Terang dari Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/23/2016 10:30:00 AM Rating: 5