Review Film Fiksi Ilmiah 'The Martian', Worth to Watch

#AstroSharing -- kiriman Mika Lestari
The Martian. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - The Martian, sebuah film yang diangkat dari novel fiksi ilmiah dengan judul yang sama, menceritakan seorang astronot yang tak sengaja terdampar di Planet Mars. Sebuah film yang mengaduk kemampuan kita, sebagai suatu spesies, untuk memecahkan masalah yang paling menakutkan melalui pemikiran rasional, langkah demi langkah.

Diadaptasi dari novel The Martian karya Andy Weir oleh Drew Goddard, dan disutradarai oleh Ridley Scott, The Martian terasa nyata menceritakan masa depan eksplorasi manusia ke Planet Mars yang tak lama lagi, mungkin beberapa dekade dari sekarang, akan menjadi kenyataan.

Pada awal jalan cerita, sebuah badai besar terjadi di Mars, astronot Mark Watney (yang diperankan Matt Damon) dianggap terbunuh saat badai terjadi. Seluruh kru yang selamat akhirnya kembali ke Bumi. Namun Watney ternyata selamat, lalu terbangun dan sadar jika dirinya sudah sendirian di dunia yang sepi, tanpa harapan penyelamatan untuk dirinya.

Pasokan makanan (termasuk makanan untuk lima kru lain yang sudah kembali ke Bumi) jumlahnya terbatas, tapi Watney, setelah sempat putus asa, ia memutuskan untuk terus survive. Sementara itu di Bumi, NASA akhirnya menginformasikan, melalui satelit, bahwa Watney masih hidup, dan NASA mulai berpikir untuk bagaimana mereka dapat menyelamatkannya.

Meskipun film ini berakhir bahagia namun film  ini sukses membuat kita penasaran langkah apa yang akan dilakukan oleh Watney, teman-temannya dan NASA untuk menyelamatkan dan membuat Watney kembali ke Bumi.

Selama hampir 2,5 jam film yang sudah tayang di bioskop-bioskop Indonesia ini membuat penonton menarik napas karena tegang, ikut tersenyum karena kejeniusan Watney dan akhirnya merasa lega dengan ending yang bahagia.

Ini adalah film yang, menurut saya, worth to watch. Sebuah film yang seolah memberikan kode dengan jelas, bahwa manusia suatu hari nanti pasti akan mampu menjelajahi Planet Merah.

Jago nulis artikel? Ayo kirim tulisanmu melalui program #AstroSharing! Kami akan memberikan honorarium bagi tulisan yang dimuat seperti tulisan ini. Klik di sini untuk info lengkap.
Review Film Fiksi Ilmiah 'The Martian', Worth to Watch Review Film Fiksi Ilmiah 'The Martian', Worth to Watch Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/02/2015 07:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.