Malam Ini Bulan Berada di Titik Terdekat dengan Bumi

Malam Ini Bulan Berada di Titik Terdekat dengan Bumi
Fase Bulan malam ini: Bulan separuh akhir. Kredit: Stephan Cornelius
Info Astronomy - Bulan telah sampai pada titik Perigee --titik terdekat dengan Bumi-- pada 10 Juni 2015 di 11:39 WIB. Dengan begitu, hari ini Bulan hanya berjarak 369.711 kilometer dari Bumi, untuk titik perigee paling jauh di tahun 2015.

Dari Indonesia, Bulan akan terlihat di langit dinihari. Ini akan terbit sekitar pukul 23:51 waktu lokal, atau 6 jam 9 menit sebelum Matahari terbit. Bulan akan mencapai ketinggian 85° di atas cakrawala utara-timur sebelum memudar dari pandangan karena fajar terbit sekitar pukul 05:45 waktu lokal.

Bukan, malam ini bukan Bulan Purnama. Bulan akan muncul dalam fase Bulan Separuh Akhir (Last Quarter of the Moon).

Gerakan orbital Bulan membawanya mengelilingi Bumi sekali setiap empat minggu, dan akibatnya adalah terjadi fase Bulan mulai dari Bulan Baru, Separuh Awal, Bulan Purnama, Separuh Akhir dan kembali ke Bulan Baru sekali setiap 29,5 hari.

Gerakan ini juga berarti bahwa Bulan perjalanan lebih dari 12° di langit dari satu malam ke malam lainnya, menyebabkan waktu terbit dan terbenamnya Bulan hampir telat satu jam di setiap harinya.
Malam Ini Bulan Berada di Titik Terdekat dengan Bumi Malam Ini Bulan Berada di Titik Terdekat dengan Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/10/2015 03:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.