Ayo Amati Iridium Flare di Langit Rumah Anda!

Ayo Amati Iridium Flare di Langit Rumah Anda
Penampakan Iridium Flare di langit Amsterdam, Belanda. Kredit: Hummels van Jeff
Info Astronomy - Pernahkah saat Anda sedang bersantai di malam hari, memandangi langit, lalu ada titik cahaya yang lama kelamaan semakin terang dan beberapa detik kemudian meredup lagi? Itulah Iridium Flare!

Iridium Flare adalah peristiwa di mana cahaya Matahari mengenai panel surya yang terpasang pada sebuah satelit Iridium yang sedang mengorbit Bumi di luar angkasa.

Cahaya Matahari tersebut dipantulkan panel surya ke permukaan Bumi. Hanya yang sering mengamati langit malam yang sering melihatnya. Dan ini adalah hal biasa.

Ada total 92 satelit Iridum di orbit Bumi, namun yang aktif hanya 66. Satelit Iridium merupakan satelit komunikasi yang memiliki bentuk yang khas. Dilengkapi dengan 3 panel surya seukuran pintu rumah.

Panel surya tersebut menghadap maju ke depan mengarah ke pergerakan satelit Iridium. Cahaya yang dihasilkan dari panel surya satelit Iridium yang terkena sinar Matahari adalah yang disebut Iridium Flare.

Iridium Flare sangat terang, bahkan bisa mencapai magnitudo -8 (kadang mag -9.5), ada beberapa flare yang sangat terang sehingga dapat dilihat pada siang hari.

Bagaimana cara melihat Iridium Flare?
Mudah. Anda hanya harus duduk santai mengamati langit. Ada 2 hingga 8 kali Iridium Flare per malamnya. Tapi menunggu saja pasti membosankan. Bagaimana dengan mengetahui jadwalnya?

Ide bagus. Karena satelit Iridium memiliki tempat kontrolnya di Amerika Serikat, kapan persisnya satelit ini melintasi langit atas rumah Anda menjadi mudah terprediksi. Dan 100% prediksinya tepat.

Anda hanya harus mengunjungi laman ini untuk melihat jadwal melintasnya satelit Iridium, jangan lupa untuk atur lokasi dengan koordinat daerah Anda. Di sana juga akan diberitahu di mana lokasi langit untuk kemunculan Iridium Flare.

Sudah tahu caranya, kan? Yuk kita amati Iridium Flare malam ini!
Ayo Amati Iridium Flare di Langit Rumah Anda! Ayo Amati Iridium Flare di Langit Rumah Anda! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/02/2014 05:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.