Bulan Purnama Bersinar Malam Ini

Bulan Purnama Bersinar Malam Ini
Bulan Purnama dan siluet pesawat terbang. Kredit: Shockphoto
Info Astronomy - Bulan purnama adalah fase Bulan yang terjadi saat Bulan benar-benar diterangi Matahari seperti yang terlihat dari Bumi.

Hal ini terjadi saat Bulan berada dalam oposisi dengan Matahari yakni ketika ia di seberang Bumi dari Matahari, lebih tepatnya, ketika bujur ekliptika dari Matahari dan Bulan berbeda 180 derajat.

Bulan Purnama pada November 2013 akan terjadi hari ini, 17 November 2013 pukul 22.16 WIB. Jarak Bulan Purnama malam ini adalah 396.280 kilometer dari Bumi.

Dengan jarak yang hampir 400 ribu kilometer itu, Bulan akan terlihat lebih kecil dari biasanya. Ditambah jika langit cerah maka akan muncul lingkaran cincin pelangi di sekitar Bulan yang disebut Halo Bulan.

Halo Bulan terjadi ketika awan tipis yang tinggi mengandung jutaan kristal es kecil menutupi sebagian besar langit. Setiap kristal es bertindak seperti lensa.

Karena sebagian besar kristal memiliki bentuk heksagonal yang sama memanjang, cahaya masuk dari sebuah sisi kristal dan keluar melalui sisi lainnya dibiaskan 22 derajat, yang sesuai dengan jari-jari halo di sekeliling Bulan.

Pengamatan Bulan Purnama bisa dilakukan saat matahari terbenam. Bulan akan berada di ufuk Timur dan akan terlihat besar selama masih di dekat horison. Semakin naik, semakin kecil.

Bulan Purnama akan tenggelam esok hari sekitar pukul 6 pagi di langit Barat. Selamat mengamati!
Bulan Purnama Bersinar Malam Ini Bulan Purnama Bersinar Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/17/2013 04:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.