Aneh, Asteroid Ini Lebih Mirip Komet

Asteroid Phaethon. Kredit: NASA
Info Astronomy - Asteroid yang satu ini, Phaethon, disebut sebagai pengkhianat lantaran menyalahi kodratnya. Sebab, meski merupakan asteroid, ia menampilkan ekor debu partikel mirip sebuah komet.

Phaethon berhubungan erat dengan hujan meteor Geminids yang menghiasi langit malam Bumi tiap bulan Desember. Kebanyakan hujan meteor muncul ketika Bumi melewati puing-puing komet dari tata surya bagian dalam.

Namun, diketahui selama 30 tahun terakhir, bahwa Geminids bukanlah disebabkan komet, melainkan asteroid dengan diameter lima kilometer bernama Phaethon.

Kita bisa melihat sebuah ekor yang mirip komet pada gambar di atas. Namun, asteroid tidak terbuat dari es, jadi bagaimana asteroid ini bisa memiliki ekor?

Nah, asteroid ini berputar sangat cepat, menyebabkan gaya gravitasinya yang lemah sulit untuk menahan permukaan berbatu, jadi permukaan ini mulai berhamburan!

Enam ekor yang mirip komet yang terbentuk di belakang asteroid ini sebenarnya terdiri dari hamburan debu dan batu.

Jadi, apakah Phaethon asteroid atau komet? Keduanya berasal dari wilayah yang berbeda di tata surya. Asteroid berasal dari antara Mars dan Jupiter, sedangkan komet dari kerasnya alam Neptunus.