Lihat 5 Planet dengan Mata Telanjang di September 2013

Venus 26 Agustus 2013 di Jakarta. Kredit: Penulis
Info Astronomy - Akan ada 5 planet tata surya kita yang terlihat dengan mata telanjang pada September 2013 ini.

Dimulai dari yang paling cemerlang yaitu Venus, Saturnus, Jupiter, Mars dan Merkurius.

Kelima planet ini sebenarnya sudah nampak di langit pada Agustus 2013.

Penasaran ingin melihatnya? Simak tulisan ini.

Venus dan Saturnus akan muncul bersamaan saat beberapa menit sesudah matahari terbenam di langit Barat.

Venus dan Saturnus tidak akan nampak besar, namun hanya akan bagai bintang yang tidak berkelap-kelip di langit.

Venus yang paling cemerlang di antara keduanya.

Untuk mengamati Venus dan Saturnus, dibutuhkan suasana langit yang mendukung, yakni bebas dari polusi udara dan tidak berawan apa lagi hujan.

Untuk Jupiter dan Mars. Mereka bisa diamati satu jam sebelum Matahari terbit. Jupiter akan menjadi yang paling cemerlang di antara keduanya.

Sama dengan Venus dan Saturnus, kenampakan Jupiter dan Mars juga akan bagai bintang yang tidak berkelap-kelip.

Untuk mengamati Merkurius mungkin pada awal September ini agak sulit, namun seiring berjalannya waktu ia akan nampak di langit barat saat senja bersama Venus dan Saturnus.

Pengamatan ini bisa dilakukan dengan mata telanjang, jika punya teleskop mungkin akan lebih asyik lagi. Tidak akan ada dampak apapun dari kemunculan mereka, ini adalah fenomena biasa yang di Indonesia kurang populer.