Inilah Sejarah Planet Kita Bernama Earth dan Bumi

Inilah Sejarah Planet Kita Bernama Earth dan Bumi
Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Satu fakta menarik tentang Bumi.Bumi adalah satu-satunya planet yang tidak dinamai menggunakan nama dewa atau dewi Yunani dan Romawi kuno.

Tidak seperti nama Jupiter yang berasal dari Raja para dewa Romawi atau Planet Mars yang diambil dari nama dewa perang Romawi.

Kata Earth berasal dari Bahasa Inggris dan Jerman yang berarti tanah. Kata Earth diambil dari Bahasa Inggris kuno 'EOR (th) e' dan 'ertha'. Sedangkan dalam Bahasa Jerman disebut 'erde'. Tapi tak ada yang tahu siapa yang pertama kali mengkombinasikan kata itu sehingga membentuk kata 'Earth'.

Kata 'Earth' di perkirakan sudah berusia 1000 tahun.

Sedangkan di Indonesia, planet kita disebut Bumi. Penggunaan kata Bumi dalam Bahasa Indonesia sudah dimulai sejak jaman kerajaan dulu, yaitu berasal dari bahasa Sansekerta yakni “Bhumi” yang berarti “Tanah".

Di berbagai negara, punya cara tersendiri untuk menamai planet kita ini, namun ujung-ujungnya mengarah pada satu arti kata yaitu “tanah”.

Nah, itulah sejarah nama planet kita ini disebut Earth dan Bumi karena pada umumnya planet kita memiliki tanah yang menjadi sumber kehidupan setiap mahluk hidup yang ada di dunia ini.
Inilah Sejarah Planet Kita Bernama Earth dan Bumi Inilah Sejarah Planet Kita Bernama Earth dan Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/01/2013 10:44:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.