Malam Ini, Bulan Sedikit Mengecil Dari Biasanya

Perbandingan Bulan di Perigee dan Apogee. Kredit: Science@NASA
Info Astronomy — Bulan, satu-satunya satelit alami milik planet kita ini memiliki banyak keunikan. Dari hanya satu wajahnya saja yang diamati dari Bumi hingga menjauhnya ia setiap tahun.

Malam ini, Bulan berada pada jarak terjauh dengan Bumi. Hal ini disebut dengan lunar apogee. Pada masa lunar apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada lunar perigee.

Beberapa ilmuwan telah membuktikannya dengan cara memotret bulan dengan bantuan teleskop. Lunar perigee menggambarkan peristiwa mendekatnya Bulan dengan Bumi.

Ketika mendekat, jaraknya bisa hanya sekitar 360.000 kilometer. Sementara ketika Bulan berada pada titik apogee, jaraknya bisa mencapai 405.000 kilometer jauhnya.

Beberapa menit setelah senja hari ini (16/4), Anda dapat melihat Bulan di langit bagian barat. Bulan akan berjarak sekitar at 404,865 kilometer dari Bumi.

Hal ini dapat Anda buktikan seperti para astronom, yaitu memotretnya. Potret Bulan untuk malam ini dan besok, lalu bandingkan hasilnya.

Tidak ada dampak apapun dari lunar apogee ini. Bulan dan Bumi akan tetap pada jalur orbitnya. Selamat mengamati!
Malam Ini, Bulan Sedikit Mengecil Dari Biasanya Malam Ini, Bulan Sedikit Mengecil Dari Biasanya Reviewed by Info Astronomy on April 15, 2013 Rating: 5