Mengulik Jurusan Astronomi untukmu yang Ingin Jadi Astronom

Info Astronomy - Salah satu cara menggapai mimpimu untuk menjadi seorang astronom profesional adalah dengan mengambil kuliah jurusan astronomi. Tapi, sudah tahukah kamu seperti apa jurusan astronomi itu?

Di Indonesia, satu-satunya kampus yang memiliki jurusan astronomi adalah Institut Teknologi Bandung. Walaupun dikatakan ada beberapa kampus lain juga yang melakukan pembelajaran astronomi, namun mereka tidak benar-benar spesifik.

Seorang lulusan jurusan astronomi tetap punya prospek kerja yang cukup luas kok. Selain bisa menjadi astronom, lulusan astronomi juga dapat bekerja sebagai dosen, penulis, peneliti, hingga seorang science comunicator.

Astronomi sendiri merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari benda-benda langit, terutama penerapan ilmu fisika, kimia, hingga biologi pada benda langit. Kamu juga akan belajar mengenai struktur, evolusi alam semesta, hingga kosmologi.

Ilmu perbintangan yang satu ini sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar angkasa, di luar Bumi. Denan perkembangan teknologi dan eksplorasi antariksa yang saat ini mulai maju, lulusan jurusan astronomi sangat dibutuhkan di lembaga-lembaga penelitian.

Kenapa Perlu Belajar Astronomi?
Sebagai ilmu tertua di muka Bumi, astronomi merupakan bidang ilmu paling menarik dan banyak dipelajari oleh negara-negara maju. Coba lihat saja negara-negara pemain utama di antariksa saat ini, mereka benar-benar serius mempelajari ilmu astronomi agar bisa menjadi yang terdepan di luar angkasa.

Menjadikan astronomi sebagai profesimu nantinya adalah hal yang cukup seru. Kamu akan selalu fokus untuk mempelajari hal-hal seperti bagaimana evolusi bintang, seperti apa lubang hitam di alam semesta, sampai meneliti apakah ada kehidupan di planet lain.

Seorang mahasiswa astronomi akan diajarkan banyak ilmu pengetahuan mulai dari fisika, kimia, dan matematika yang mumpuni sehingga bisa mengetahui dan memahami peristiwa alam semesta, misalnya mengenai bagaimana Matahari bisa sangat panas.
Proses pembelajarannya juga tidak hanya lewat teori saja, melainkan juga melakukan pengamatan menggunakan teleskop di sebuah observatorium. Ah, bukankah itu hal yang menyenangkan?

Menjadi astronom profesional adalah pekerjaan yang mungkin diimpikan banyak orang. Walau begitu, untuk menjadi astronom profesional, pendidikan awal (sarjana) di jurusan astronomi hanya sebagai permulaan saja, kamu masih perlu meningkatkan keilmuan astronomi dirimu melalui program pascasarjana dan doktoral astronomi.

Begitu kamu lulus dalam program doktoral astronomi, kamu bisa memilih karirmu apakah ingin menjadi astronom profesional atau menjadi non-astronom, seperti pengajar atau penulis artikel ilmiah yang dapat menjembatani astronomi dengan masyarakat luas.

Nah, apakah kamu saat ini adalah siswa kelas akhir yang sedang bersiap mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dan ingin masuk ke jurusan astronomi?

InfoAstronomy.org ingin memberikan sedikit review mengenai cara baru belajar yang berbeda dengan hanya sekadar membaca buku. Di era modern seperti sekarang ini, kamu bisa belajar materi-materi pembelajaran untuk sukses di tes masuk universitas lewat fitur dari Ruangguru yang bernama ruangbelajar.

Belum tahu apa itu ruangbelajar? Wah, kalau belum tahu, kami akan jelaskan saja. Ruangbelajar merupakan sebuah bimbel online yang akan membuat belajarmu menjadi lebih mudah. Di ruangbelajar, metode belajarmu akan dikemas dengan animasi dan diajarkan oleh tutor terbaik. Ada juga latihan soal, pembahasan, hingga rangkuman yang menarik.
Fitur dari Ruangguru yang satu ini pun sangat cocok untukmu yang sedang berjuang demi diterima di perguruan tinggi, salah satunya di ITB untuk masuk di jurusan astronomi. Kamu bisa belajar di mana pun dan kapan pun dengan mudah hanya melalui sebuah aplikasi. Asik banget, 'kan?

Cukup unduh aplikasi Ruangguru di toko aplikasi secara gratis lalu pilih kelas ruangbelajar untuk SBMPTN 2019. Dalam fitur ruangbelajar, nantinya kamu bisa menemukan menu-menu pembelajaran menarik, seperti pembahasan soal, pembahasan TPA dan TKPA, hingga bisa mengerjakan soal-soal tryout secara gratis!

Dijamin, lewat ruangbelajar yang punya konten belajar berkualitas akan mempermudah kamu untuk menggapai mimpimu menjadi seorang astronom profesional. Hanya yang tekun dan rajin dalam belajar yang tentunya bisa menggapai semua impian-impiannya. Bahkan saat sudah menjadi astronom nantinya, kamu tidak akan berhenti belajar hal-hal yang baru.

Sampai jumpa di bawah bintang-bintang, calon astronom!
BERIKAN KOMENTAR ()