Kiat-kiat Belajar Astronomi Bagi Pemula

Info Astronomy - Astronomi adalah ilmu yang mempelajari segala benda yang berada di luar Bumi. Ilmu yang satu ini memang sangat menarik untuk dipelajari. Tapi, bagaimana cara belajar astronomi bagi seorang pemula? Dari mana harus memulai?

Salah satu hal yang kadang membingungkan para pemula adalah, dari mana mereka harus memulai belajar astronomi, buku apa yang harus dibaca, dan malah lebih fokus memikirkan kerja apa nanti kalau sudah serius belajar astronomi, misalnya lewat universitas.

Nah, sebenarnya, tidak ada metode khusus yang harus dilakukan. Karena pada dasarnya setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka belajar lewat buku, tapi tidak sedikit juga yang lebih suka belajar dengan menonton video. Hal ini sah-sah saja dalam belajar astronomi kok.

Di artikel kali ini, InfoAstronomy.org akan berikan beberapa kiat untukmu biar bisa belajar astronomi sesuai dengan minat belajar yang kamu inginkan.

1. Belajar Lewat Buku

Ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia tampaknya masih sangat relevan sampai sekarang. Dengan buku, kita bisa belajar apapun secara lengkap dan jelas. Untuk belajar astronomi, ada banyak kok buku yang bisa kamu baca.

Sudah banyak kok buku-buku sains dan astronomi berbahasa Indonesia. Misalnya saja ada buku "Kosmos" karya Carl Sagan, atau "Astrofisika untuk Orang Sibuk" karya Neil Degrasse Tyson. Kedua buku ini cukup bagus untuk menambah wawasan kita di bidang astronomi.
Jika kamu masih benar-benar pemula, kamu bisa juga membaca ensiklopedia astronomi. Dalam ensiklopedia, biasanya informasi yang disediakan akan jauh lebih sederhana tapi tetap memiliki isi yang bisa menambah wawasanmu.

2. Belajar Lewat Internet

Internet bisa dimanfaatkan untuk belajar astronomi, lho. Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, tidak sulit untuk menemukan bacaan-bacaan astronomi di internet. Kamu bisa mengunjungi situs web astronomi baik lokal maupun yang berasal dari luar negeri.

Situs-situs tersebut beberapa di antaranya adalah Space.com, Earthsky.org, dan tentunya InfoAstronomy.org. Metode yang satu ini sebenarnya sama saja dengan membaca lewat buku, tetapi bisa lebih ringkas karena artikel di sebuah situs web biasanya tidak terlalu panjang.
Selain membaca di internet, kamu juga bisa mencari video-video astronomi. Bagi sebagian orang, belajar melalui video mungkin akan sangat membantu mereka dalam memahami. Bila kamu salah satunya, silakan saja belajar lewat video ya.

3. Belajar Lewat Bimbel Online

Bimbel atau bimbingan belajar biasanya dilakukan di sebuah institusi atau lembaga pendidikan, tapi pernahkah kamu mencoba bimbel online?

Seperti yang kita tahu, bimbel yang kita kenal selama ini tampaknya masih kurang praktis. Peserta bimbel masih harus datang ke suatu tempat dan terikat jadwal belajar. Hal itu tentunya akan membuat waktu belajar menjadi kurang efektif. Untungnya, ada bimbel online di Ruangguru. Kapan dan di mana saja, kamu bisa menyimak ribuan video belajar, latihan, sampai ikut try out online.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ruangbelajar. Cukup unduh aplikasi Ruangguru di toko aplikasi, seperti Play Store atau App Store, lalu pilih kelas dan kurikulum yang ingin kamu pelajari, dan kamu sudah bisa langsung belajar lewat aplikasi tersebut. Nah, karena astronomi dekat dengan fisika, kamu bisa tuh pilih materi fisika.
Ruangguru merupakan bimbel online nomor 1 di Indonesia. Lewat bimbel online ataupun fitur ruangbelajar ini, kamu jadi bisa belajar sains dan astronomi dengan metode yang seru dan tentunya beda dengan belajar lewat buku maupun internet saja.

Ada berbagai macam materi yang dijelaskan dengan video yang menarik dan interaktif, serta ada juga latihan soal yang bisa kamu ikuti biar lebih mengerti materi yang dipelajari.

Nah, itu dia kiat-kiat belajar astronomi bagi pemula yang bisa kamu coba. Proses belajar yang jelas harus bisa menyenangkan untuk kamu ya. Jangan sampai belajar malah menjadi beban. Mari jadi bintang dengan mempelajari bintang-bintang!
BERIKAN KOMENTAR ()