Tentang Kami

Per 1 Desember 2021, InfoAstronomy.org resmi menjadi portal web astronomi berbadan hukum di bawah PT. Belajar Astronomi Indonesia dengan nomor AHU-005626.AH.01.30.Tahun 2021.

Sejarah Kami

2012 silam, dunia seakan dihebohkan dengan ramalan kiamat 21 Desember 2012, yang padahal sebenarnya hanya "hype" dari film Hollywood "2012", yang bercerita tentang bagaimana dunia berakhir karena bencana. Sayangnya, banyak orang yang terpengaruh berita hoaks kiamat, yang benar saja hingga sejauh ini tidak terbukti ramalannya.

Di tengah-tengah "keramaian" itu, InfoAstronomy hadir. Kami memulai semuanya dengan nama BelajarAstronomy, berdiri tepat pada 21 Juli 2012. Sebulan berdiri, kami memutuskan untuk mengganti nama menjadi InfoAstronomy, nama yang bertahan hingga kini, nama yang kamu cari sekarang kalau mau membaca informasi astronomi berbahasa Indonesia.

Mengapa kami mendirikan InfoAstronomy? Alasannya sederhana saja, kami ingin menghadirkan artikel-artikel astronomi yang simple dan mudah dipahami oleh orang-orang awam. Kami ingin membuat astronomi hadir sebagai ilmu yang menarik untuk dipelajari.

Bagaimana InfoAstronomy dapat bertahan? Berbarengan dengan berdirinya InfoAstronomy pada 2012 silam, banyak juga blog-blog astronomi lain. Namun, tampaknya hanya kami yang mampu bertahan dan bahkan semakin berkembang. Kami dapat bertahan melalui InfoAstronomy Store, yang mulai berdiri pada 26 Desember 2016. InfoAstronomy Store merupakan toko daring resmi kami yang menjual berbagai macam keperluan hobi astronomi seperti teleskop, kaos, buku, hingga aksesoris lainnya. Kami tidak ingin mendapatkan donasi tanpa timbal balik untuk pembaca, sehingga kami lebih memilih untuk membuat toko daring.

Bagaimana InfoAstronomy dapat berkembang? Pada 15 Juli 2017, InfoAstronomy secara resmi bekerja sama dengan NASA sebagai penyedia situs web Astronomy Picture of the Day dalam edisi bahasa Indonesia, maka lahirlah APOD Indonesia. Saat ini, APOD Indonesia telah memiliki empat penerjemah terbaik untuk pembaca di Indonesia. Perjalanan terus belanjut hingga pada 18 Oktober 2019, kami meluncurkan BelajarAstro, sebuah wadah belajar astronomi daring. Ya, nama "BelajarAstro" diambil dari nama pertama kami sebelum InfoAstronomy.

Ikuti kami di:

- X: @infoastronomy
- Facebook: Info Astronomy
- Instagram: infoastronomy