Selamat Hari Asteroid 2018

Hari asteroid. Kredit: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Selamat Hari Asteroid 30 Juni 2018! Tahukah kamu mengapa hari ini diperingati sebagai Hari Asteroid? Siapa penggagasnya dan apa tujuannya? Mari simak artikel ini sampai habis ya.

Tahun ini merupakan tahun keempat di mana Hari Asteroid diperingati. Tiap tanggal 30 Juni, peneliti dari seluruh dunia akan berkumpul untuk mendiskusikan bahaya asteroid yang berpotensi bergerak ke arah planet Bumi, serta juga membahas apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghindari ancaman itu.

Sementara kita mungkin tidak perlu khawatir tentang asteroid besar akan menabrak Bumi seperti yang membuat dinosaurus punah, kenyataannya asteroid masih menjadi ancaman yang nyata bagi Bumi.

Dalam seratus tahun ke depan, lembaga-lembaga antariksa di seluruh dunia telah memetakan asteroid-asteroid dekat Bumi, dan tidak ada asteroid besar yang akan mengancam Bumi. Namun, masih ada ancaman dari asteroid yang jauh lebih kecil, seperti yang sempat meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, pada Februari 2013, yang melukai lebih dari 1.200 orang dan gelombang kejutnya merusak bangunan hingga radius 93 kilometer.

NASA memperkirakan, ada sekitar 10 juta asteroid dekat Bumi yang memiliki ukuran serupa dengan batu angkasa yang menghantam Chelyabinsk. Ditambah lagi, asteroid kecil seperti itu lebih sulit dideteksi sebelum memasuki atmosfer Bumi.

Untungnya, NASA juga memperkirakan bahwa lebih dari 95 persen asteroid yang cukup besar untuk menyebabkan bencana global tidak satupun dari mereka akan menimbulkan ancaman, setidaknya untuk waktu dekat ini.

"Hari Asteroid digagas untuk membahas mengenai ancaman asteroid serta inisiatif pemerintah dan sektor swasta untuk mempelajari asteroid, khususnya upaya maju untuk mengembangkan teknik deteksi, pelacakan, dan defleksi dari bahaya asteroid," kata penggagas Hari Asteroid, Brian Cox.

Tanggal 30 Juni sendiri dipilih sebagai Hari Asteroid bukan tanpa alasan. Pada tanggal ini di tahun 1908, sebuah asteroid menghantam Tunguska, Siberia, sebuah peristiwa hantaman asteroid paling merusak yang pernah terjadi di Bumi. Saking merusaknya, asteroid tersebut memiliki kekuatan yang setara hingga 30 megaton TNT, menghancurkan area hutan seluas 2.000 km persegi.

Kini, Hari Asteroid telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan kita bisa ikut memperingatinya dengan hal sederhana; seperti dengan belajar mengenai apa itu asteroid.