Mengapa Galaksi Bimasakti dan Andromeda Ditakdirkan Menyatu?

Ilustrasi kondisi langit empat miliar tahun mendatang. Kredit: Sean Parker Photography
Info Astronomy - Dalam empat sampai lima miliar tahun dari sekarang, galaksi kita, Bimasakti, akan bertabrakan dengan galaksi spiral tetangganya, Andromeda. Tapi, apa penyebabnya?

Yang jelas, saat tabrakan ini terjadi, Matahari kemungkinan sudah berevolusi menjadi bintang raksasa merah, sehingga akan tumbuh cukup besar ukurannya untuk memanggang permukaan Bumi. Setiap bentuk kehidupan yang masih ada di Bumi, kemungkinan akan terkena radiasi yang begitu besar nantinya.

Per 2012, para peneliti menyimpulkan bahwa tabrakan ini pasti terjadi berdasarkan pengamatan gerakan Andromeda menggunakan Teleskop Antariksa Hubble. Kecepatan Andromeda yang tangensial atau menyamping terhadap Bimasakti terbukti relatif lebih kecil daripada kecepatan mendekatnya sehingga diperkirakan Andromeda akan bertabrakan dengan Bima Sakti kurang lebih 4 miliar tahun lagi.

Saat ini, Bimasakti dan Andromeda berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Karena berada pada jarak yang relatif dekat dalam skala kosmis itu, tarikan gravitasi di antara keduanya membuat mereka saling melesat mendekat satu sama lain pada kecepatan 402.000 kilometer per jam.

Setelah nantinya bertemu, kedua galaksi ini akan bertabrakan dan menyatu satu sama lain. Membentuk galaksi elips baru yang kemungkinan akan disebut sebagai Milkomeda.

Eh iya, ini bukan artikel yang diambil dari cerita fiksi ilmiah, lho ya. Melainkan benar-benar prediksi ilmiah. "Menggunakan hukum gravitasi Newton, para astronom dapat dengan yakin memperkirakan bahwa beberapa miliar tahun dari sekarang, galaksi kita, Bimasakti, akan bergabung dengan galaksi tetangga kita, Andromeda," kata Neil DeGrasse Tyson, dalam suatu episode Cosmos: A Spacetime Odyssey.

Namun, bagaimana nasib tata surya? Karena jarak antara bintang-bintang sangat besar dibandingkan dengan ukurannya, kemungkinan hanya akan ada sedikit bintang di kedua galaksi yang benar-benar bertabrakan. Bintang-bintang tidak akan bertabrakan, tetapi gas antarbintangnya mungkin iya. Ketika itu terjadi, maka akan memicu pembentukan bintang-bintang baru.

Jadi, saat ini galaksi Andromeda sedang meluncur ke arah kita. Apakah kedatangannya berarti menandai akhir riwayat galaksi Bimasakti saat ini masih belum pasti. Selama beberapa dekade terakhir, para astronom belum memahami tentang apakah Andromeda dan Bimasakti akan bertabrakan secara langsung, atau ada cara yang lain.