Buka Puasa Bersama Planet Venus dan Bulan Sabit

Konjungsi Bulan dan Venus, 18 Mei 2018. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Di momen buka puasa kedua Ramadan kali ini, kita berkesempatan untuk mengamati dekatnya planet Venus dengan Bulan sabit di langit barat saat senja (18/5) nanti.

Dikenal sebagai peristiwa konjungsi, planet Venus dan Bulan sabit akan tampak pada asensiorekta (skala koordinat benda langit) yang sama. Di momen konjungsi ini, Venus dan Bulan sabit akan berada sejauh lebih dari 5°. Bulan akan berumur 3 hari.

Di langit Indonesia, pasangan kosmis ini akan terlihat mulai pukul 17:54 waktu setempat daerahmu. Saat itu, kedua benda langit ini akan tampak berada pada ketinggian di atas 16° di atas ufuk barat. Keduanya kemudian akan tenggelam ke cakrawala barat sekitar 2 jam 10 menit setelah Matahari terbenam, yakni pada pukul 19:49 waktu setempat daerahmu.

Kamu perlu menggunakan teleskop untuk bisa melihat planet Venus lebih jelas. Sabab, dalam pandangan mata, Venus hanya akan tampak bagaikan bintang paling terang yang muncul di dekat Bulan. Saat konjungsi, Venus akan bersinar dalam magnitudo -4, sementara Bulan bermagnitudo -9. Keduanya akan berada di depan rasi bintang Gemini.

Peristiwa langit yang satu ini bisa diamati di seluruh Indonesia. Cukup pastikan pandangan ke arah barat di daerahmu tidak terhalang bangunan tinggi, pegunungan, atau pepohonan. Semoga cuaca juga cerah.

Sayangnya, pasangan kosmis ini akan terlalu luas terpisah untuk masuk dalam satu bidang pandang teleskop. Dengan begitu, kita tidak bisa melihat keduanya berbarengan dalam satu pandangan teleskop.

Konjungsi Venus dan Bulan ini hanya bisa diamati pada tanggal 18 Mei 2018 saja, sebab besoknya posisi Bulan sudah jauh lebih tinggi daripada Venus. Selamat observasi!