Rekomendasi Teleskop untuk Mengamati Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018. Kredit: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Gerhana Bulan total merupakan peristiwa langit yang menarik untuk diamati. Berbeda dengan gerhana Matahari, peristiwa yang satu ini aman untuk diamati dengan mata. Tapi, jelas pengamatan dengan teleksop akan jauh lebih asyik.

Di bawah ini, kami rekomendasikan teleskop-teleskop yang cocok untuk mengamati gerhana Bulan total, yang mana tahun ini akan terjadi pada 28 Juli 2018 mendatang. Perlu dicatat bahwa teleskop-teleskop rekomendasi kami ini adalah untuk pemula.

1. Suncore F36050

Kredit: Alibaba.com
Termasuk dalam kelas teleskop low-end, Suncore F36050 kami anggap cocok untuk mengamati gerhana Bulan total karena beberapa faktor: harganya cukup murah, kualitas optiknya bagus, dan memiliki penampang ponsel agar memotret Bulan lebih mudah.

Dilengkapi panjang fokus 360mm dan bukaan lensa 50mm, teleskop refraktor ini bisa menghasilkan magnifikasi 60x dengan eyepiece 6mm-nya, sehingga sudah cukup baik untuk mengamati Bulan. Kawah-kawahnya bisa terlihat jelas dan dengan detail yang lumayan tajam untuk teleskop di kelasnya.


2. Celestron Inspire 80AZ

Teleskop ini jauh lebih baik daripada Suncore F36050, dan pastinya sangat cocok untuk mengamati gerhana Bulan total pada Juli mendatang. Dengan panjang fokus 900mm dan bukaan lensa 80mm, Anda bisa mengamati langit hingga magnifikasi 90x bila melakukan pengamatan menggunakan eyepiece 10mm.
Kredit: Celestron.com
Sama seperti Suncore F36050, teleskop Celestron Inspire 80AZ ini juga dilengkapi dengan adapter atau penampang khusus ponsel. Perangkat yang satu ini sangat berguna untuk menyambungkan ponsel Anda untuk memotret gerhana Bulan total nantinya.

Celestron Inspire 80AZ termasuk dalam jenis refraktor dengan dudukan altazimuth. Teleskop ini merupakan teleskop kelas menengah yang sangat mudah digunakan untuk para pemula bahkan untuk yang belum pernah menggunakan teleskop.


3. Celestron Travel Scope 60

Kredit: Celestron.com
Berbeda dengan dua teleskop di atas, Celestron Travel Scope 60 ini tidak dilengkapi dengan adapter ponsel. Walau begitu, teleskop ini memiliki kelebihan lain: bisa mudah dibawa-bawa karena bisa masuk dalam ransel khusus!

Saat ingin mengamati gerhana Bulan total, beberapa dari Anda mungkin memilih untuk bepergian ke daerah yang bagus untuk pengamatan. Nah, Anda bisa membawa teleskop ini dengan mudah. Dilengkapi panjang fokus 360mm dan bukaan lensa 60mm, teleskop ini bisa mencapai magnifikasi 45x dengan eyepiece 8mm-nya.


Nah, itulah rekomendasi teleskop dari kami untuk persiapan Anda mengamati gerhana Bulan total 28 Juli 2018. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli teleskop. Selamat berburu gerhana!
Rekomendasi Teleskop untuk Mengamati Gerhana Bulan Total Rekomendasi Teleskop untuk Mengamati Gerhana Bulan Total Reviewed by Riza Miftah Muharram on April 04, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!