Menemukan M13, Gugus Bintang Besar di Herkules

Gugus bintang M13. Kredit: Kurious George/Wikimedia Commons
Info Astronomy - Pernahkah Anda melihat gugus bintang di langit malam? Bila Anda punya teleskop, cobalah untuk menemukan Messier 13 atau M13, gugus bintang bola yang cukup terang di arah rasi bintang Herkules.

M13 sendiri ditemukan oleh astronom Edmond Halley pada tahun 1714, dan dikatalogkan secara resmi oleh astronom Charles Messier pada 1 Juni 1764.

Berada di antara bintang Arcturus dan Vega, gugus bintang ini sangat mudah untuk ditemukan. Pertama-tama, carilah empat bintang terang di rasi bintang Herkules membentuk Keystone, M13 dapat ditemukan di tengah antara bintang Zeta Herculis dan Eta Herculis.

Hanya teleskop dengan kemampuan pengumpulan cahaya yang bagus yang bisa menunjukkan detail M13 dengan sangat baik. Bermagnitudo +5,8, M13 tidak terlihat jelas dengan mata telanjang. Bahkan melalui teleskop kecil, M13 terlihat seperti komet.

Letak gugus bintang M13. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Menariknya, gugus bintang M13 ini dapat dilihat sepanjang tahun. Saat Anda menatap M13, Anda sedang melihat bintang-bintang yang diperkirakan berusia 12 hingga 13 miliar tahun. Usia itu hampir sama tuanya dengan usia alam semesta.

M13 bukanlah benda langit yang mudah untuk dilihat, tetapi begitu Anda menemukannya, Anda akan dengan mudah menemukannya lagi dan lagi.

M13 termasuk dalam jenis gugus bintang bola (globular star cluster). Setidaknya, ada dua jenis gugus bintang di alam semesta, yakni gugus bintang bola seperti M13 dan gugus bintang terbuka seperti Pleiades. Apa bedanya?

Gugus bintang bola merupakan kelompok bintang yang membentuk gugusan seperti bola. Gugus bintang bola ini mengorbit inti galaksi sebagai "satelit". Bintang-bintang yang berada di sebuah gugus bola sendiri sangat terikat erat oleh gravitasi, yang memberi membuat mereka berbentuk bola dan memiliki kerapatan bintang yang relatif tinggi.

Salah satu gugus bitnang terbuka, Pleiades (M45). Kredit: Greg Hogan
Sementara itu, gugus bintang terbuka merupakan kelompok bintang yang biasanya hanya terdiri dari beberapa ribu bintang saja, yang terbentuk bersama-sama pada awan gas molekuler raksasa. Berbeda dengan gugus bintang bola, bintang-bintang pada gugus terbuka terikat satu dengan yang lain oleh gaya gravitasi secara longgar dan kadang terganggu oleh pertemuan dengan gugus lain.

Berada pada jarak 220.000 tahun cahaya dari Bumi, M13 berdiameter sekitar 145 tahun cahaya. Gugus bintang bola ini diperkirakan memiliki kurang lebih 300.000 bintang.

Tidak punya teleskop untuk mengamatinya? Kami menyediakannya di InfoAstronomy Store.