Musim Pengamatan Bentangan Galaksi Bimasakti Dimulai!

Bentangan galaksi Bimasakti, Bromo. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Bila Anda bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti di langit, maka kami akan menjawab inilah saatnya! Musim pengamatannya sudah dimulai, dan kita bisa mengamati atau bahkan memotretnya. Mau coba?

Mengamati dan memotret bentangan galaksi Bimasakti seperti pada gambar di atas tidaklah mudah. Kita butuh pergi ke lokasi di mana kondisi langit malamnya masih gelap gulita. Oleh karena itu, pergilah jauh dari perkotaan, carilah lokasi pengamatan yang minim polusi cahaya.

Dikutip dari Astronomy.com, satu per tiga manusia di Bumi belum pernah mengamati bentangan galaksi Bimasakti di langit karena tinggal di area berpolusi cahaya tinggi. Bentangan galaksi Bimasakti muncul begitu redup, kita butuh langit yang benar-benar gelap untuk bisa mengamatinya.

Oh iya, sebelumnya sudah tahukah Anda mengapa kita bisa melihat bentangan galaksi Bimasakti? Bukankah kita tinggal di galaksi ini? Mari kita balik pertanyaannya, karena kita tinggal di galaksi Bimasakti, itu artinya kita bisa melihat galaksi kita sendiri dong?

Galaksi Bimasakti yang kita lihat di langit malam bukanlah bentuk galaksi secara utuh seperti jepretan Teleskop Antariksa Hubble terhadap galaksi Andromeda, melainkan hanya salah satu bagian dari galaksi Bimasakti. Itulah mengapa kita melihatnya sebagai "bentangan".

Galaksi Bimasakti membentang luas di langit, dari satu cakrawala ke cakrawala lainnya. Kita tidak memerlukan teleskop untuk melihat atau memotretnya. Teropong atau teleskop tentu akan menunjukkan lebih banyak detail, seperti bisa membantu Anda mengamati objek-objek langit jauh, tapi itu bukan persyaratan utama untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti.

Dalam pandangan mata telanjang, bentangan galaksi Bimasakti akan tampak bagai pita awan putih yang khas, sebuah jalur bintang yang sangat indah. Namun, pengamatan dengan mata telanjang akan sangat berbeda dengan hasil foto bentangan galaksi Bimasakti seperti yang ada pada bagian atas artikel ini.

Foto-foto bentangan galaksi Bimasakti biasanya diambil dengan pengaturan kamera yang mampu melakukan paparan panjang. Hal itu dimaksudkan agar kamera bisa mengumpulkan cahaya bintang sebanyak-banyaknya sehingga kenampakan bentangan galaksi Bimasakti tampak lebih terang di hasil foto dibandingkan dengan yang kita amati dengan mata.

Kredit infografik: Riza/InfoAstronomy.org
Setiap tahunnya, bentangan galaksi Bimasakti bisa diamati mulai Maret sampai dengan Oktober, dengan bulan-bulan terbaiknya adalah pada Mei sampai Agustus. Waktu kenampakan bentangan galaksi Bimasakti juga berbeda-beda tiap bulannya karena Bumi yang mengitari Matahari di jalur orbitnya.

Biar lebih memudahkan Anda menemukan bentangan galaksi Bimasakti, Anda bisa memanfaatkan aplikasi peta langit atau sky map yang bisa diunduh di toko aplikasi masing-masing sistem operasi yang dipakai gawai Anda. Carilah rasi bintang Sagitarius, maka itulah arah pusat galaksi Bimasakti kita.

Mau ikut pengamatan bersama? Kami bekerja sama dengan komunitas Jejak Pengamat Langit akan mengadakan acara "penyambutan" musim pengamatan bentangan galaksi Bimasakti di Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu pada 11-12 Agustus 2018 mendatang.

Acara tersebut diadakan sebagai ajak silaturahmi bersama pembaca yang tertarik untuk ikut mengamati bentangan galaksi Bimasakti dan bahkan ikut belajar memotretnya bersama para astrofotografer andal kami. Pulau Kotok sendiri kami pilih karena masih minim polusi cahaya.

Tertarik untuk ikut? Silakan kunjungi tautan berikut ini: Jejaklangit.com/dolphin

Pendaftaran acara pengamatan bentangan galaksi Bimasakti ini terbuka untuk umum dengan kuota peserta yang terbatas. Sampai bertemu di bawah bintang-bintang!


Musim Pengamatan Bentangan Galaksi Bimasakti Dimulai! Musim Pengamatan Bentangan Galaksi Bimasakti Dimulai! Reviewed by Riza Miftah Muharram on April 17, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!