Ulasan Teleskop: Celestron PowerSeeker 80EQ

Diproduksi oleh pabrikan Celestron, seri PowerSeeker 80EQ merupakan teleskop yang mengombinasikan kekuatan, portabilitas, dan harga yang tak menguras kantong. Sangat cocok untuk pemula astronomi yang ingin melakukan pengamatan santai dari bubungan atap atau dari halaman rumah.
Celestron PowerSeeker 80EQ. Kredit: Celestron.com
Info Astronomy -  Pernahkah Anda memiliki kaos yang benar-benar Anda sukai dan selalu Anda kenakan? Bagaimana dengan memiliki sepasang sepatu favorit? Bila pernah merasakannya, saya pikir Anda akan merasakan hal yang sama bila memiliki teleskop ini.

Teleskop Celestron PowerSeeker 80EQ merupakan jenis teleskop refraktor, yakni yang memanfaatkan lensa untuk mengumpulkan cahaya benda langit yang akan diamati. Dengan aperture 80mm dan panjang fokal 900mm, teleskop ini bukan teleskop kecil.

Tidak seperti kebanyakan refraktor yang menggunakan dudukan altazimut, teleskop PowerSeeker 80EQ ini hadir dengan dudukan equatorial. Walau begitu, dudukan ini cukup ringan. Itu berarti, edisi khusus PowerSeeker 80EQ ini akan membuat pengamatan Bulan dan planet-planet jauh lebih menyenangkan karena mudah digunakan.

Selain itu, kualitas pandangan teleskop ini cukup memuaskan. Seperti biasa, Celestron memang memiliki ciri khas berupa optik yang berkualitas. Saat menggunakan PowerSeeker 80EQ, Anda memang tidak akan mendapatkan pemandangan sekeren teleskop antariksa Hubble, namun benda-benda langit yang Anda amati dengan teleskop ini akan sangat terang dan bersih.

Pemandangan planet-planet seperti Mars dan Saturnus menggunakan teleskop ini cukup memuaskan. Anda bisa melihat fitur permukaan Mars sampai melihat bulan-bulan terbesar yang mengelilingi Saturnus lengkap dengan cincinnya.

Untuk pengamatan Bulan, teleskop ini tak perlu ditanya lagi. Ia mampu membawa Anda mengamati kawah-kawah di Bulan dengan detail yang luar biasa. Sama halnya bila digunakan untuk mengamati Jupiter, garis-garis atmosfer pada Jupiter bisa teramati cukup baik.

Teleskop PowerSeeker 80EQ dibekali dua eyepiece, yakni yang berdiameter 20mm dan 4mm. Jika dikombinasikan dengan aperture dan panjang fokus yang telah dijelaskan di atas, masing-masing eyepiece ini bisa membuat Anda mendapatkan pembesaran atau magnitfikasi sejauh 45 sampai 225 kali.

Paket dalam boks PowerSeeker 80EQ juga termasuk finderscope 5x24 yang bisa digunakan untuk mencari letak benda langit yang ingin diamati dengan teleskop ini. Diagonal 1,25 inci yang juga disertakan membuat pemandangan benda langit yang diamati tidak terbalik.

Anda bisa melihat hasil pengamatan planet Saturnus dengan teleskop ini di tautan ini.

Berikut spesifikasi lengkap teleskop PowerSeeker 80EQ:
  • Desain optik: Refraktor
  • Resolusi (Dawes): 1,45 detik busur
  • Bidang pandang: 1,2°
  • Panjang tabung optik: 965 mm
  • Bobot keseluruhan: 8,62 kg
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai teleskop Celestron PowerSeeker 80EQ. Semoga bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli teleskop ini.

Harga di pasaran: Rp4.300.000 s/d Rp4.700.000
Beli Celestron PowerSeeker 80EQ di InfoAstronomyStore.