Planet Venus Telah Kembali Terlihat di Langit Senja

Planet Venus di langit Bali. Kredit: Sandi Astina Putra
Info Astronomy - Pernahkah Anda mengamati planet Venus? Planet terdekat kedua dari Matahari itu akhirnya akan kembali terlihat di langit barat saat senja setelah bersembunyi di balik silau Matahari selama berbulan-bulan.

Namun, bukan berarti menemukan Venus saat ini akan mudah. Setidaknya, untuk beberapa minggu ke depan, Venus masih berada rendah di atas cakrawala barat saat senja. Untuk melihatnya, Anda perlu mencari tahu kapan waktu Matahari terbenam di lokasi Anda, lalu temukan Venus sekitar 20-25 menit kemudian.

Dalam pandangan mata telanjang, karena Venus berada pada jarak yang sangat jauh dari Bumi, ia hanya akan tampak bagai bintang kecil terang yang tidak berkelap-kelip. Bila punya, penggunaan binokuler atau teleskop bisa menjadi alat bantu yang bagus untuk menemukan Venus.

Perjalanan Venus ke langit senja ini sebenarnya telah dimulai sejak 9 Januari 2018, saat ia berada dalam titik konjungsi superior, yakni berada di sisi yang berlawanan dengan Matahari dalam pandangan dari Bumi.

Ilustrasi pergerakan Venus di orbitnya. Kredit: ESO, Skyandtelescope.com
Enam minggu telah berlalu sejak konjungsi superior, planet Venus masih berada dalam fase 98 persen diterangi Matahari. Sehingga dalam pandangan teleskop, kita akan melihat Venus yang hampir bulat sempurna. Namun, fasenya akan berubah seiring waktu karena ia bergerak dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Menurut informasi yang dihimpun dari Skyandtelescope.com, planet Venus akan bertahan di langit barat saat senja hingga bulan Oktober 2018 mendatang, ketika ia berada dalam titik konjungsi inferior. Dengan begitu, kesempatan mengamatinya sambil menikmati keindahan senja terbilang masih cukup lama.

Perubahan posisi Venus. Kredit: InfoAstronomy.org
Karena planet Venus terus bergerak mengelilingi Matahari, posisinya tidak di suatu titik saja di langit, melainkan akan terbit lebih tinggi setiap malamnya.

Sebagai contoh, bila kita melihat ilustrasi perubahan posisi Venus di atas, planet berjuluk "Bintang Kejora" ini masih akan ada di bawah 10 derajat dari cakrawala barat pada 1 Maret 2018 pukul 18.00 waktu setempat daerah Anda. Namun, di jam yang sama, Venus sudah berada pada ketinggian 30 derajat dari cakrawala barat pada tanggal 1 Juli 2018.

Dilansir Space.com, tahun 2018 ini, planet Venus akan mencapai elongasi tertinggi, atau jarak sudut terbesarnya dari Matahari, pada tanggal 17 Agustus mendatang. Pada saat itu, nantinya Venus akan mencapai ketinggian 46 derajat dari cakrawala barat.

Venus tak pernah lebih tinggi dari itu karena ia merupakan planet dalam (inner planet). Itulah juga alasan ilmiah mengapa Venus tidak pernah terlihat di langit tengah malam, melainkan hanya beberapa jam sebelum Matahari terbit atau beberapa jam setelah Matahari terbenam.

Jadi, mari kita amati Venus yang telah kembali!
Planet Venus Telah Kembali Terlihat di Langit Senja Planet Venus Telah Kembali Terlihat di Langit Senja Reviewed by Riza Miftah Muharram on Februari 26, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!