95 Planet Asing Baru Berhasil Ditemukan

Hanya ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Baru-baru ini, sekelompok astronom internasional mengonfirmasi penemuan total 95 planet asing baru setelah menganalisis data dari misi K2 Teleskop Antariksa Kepler. Penemuan baru ini membuat misi K2 telah berkontribusi menemukan 300 dari 3.600 planet asing yang telah dikonfirmasi keberadaannya.

Akan dipublikasikan di Astrophysical Journal dalam waktu dekat, pracetak penelitian ini sudah dapat diakses di sini (bila Anda mau baca).

Planet-planet baru ini diketahui memiliki ukuran yang beragam, namun kebanyakan merupakan jenis planet bumi super berbatu, dan sisanya adalah planet raksasa gas jenis neptunus mini. Hampir seluruh planet-planet baru ini mengorbit bintang yang sangat terang.

Teleskop Antariksa Kepler sendiri diluncurkan ke orbit Bumi sejak tahun 2009 untuk menemukan planet yang sedang transit di depan bintang induknya, sebuah metode yang membuat misi Kepler begitu sukses. Sampai pada tahun 2013, Kepler mengalami kerusakan, sehingga pengoperasiannya tidak semulus dulu. Misi lanjutan inilah yang dikenal sebagai K2.

"Penelitian ini telah dilakukan sejak data K2 yang pertama dirilis pada tahun 2014," kata pemimpin utama studi ini, Andrew Mayo, dari Institut Antariksa Nasional di Universitas Teknik Denmark. "Kami mulai menganalisis 275 kandidat yang 149 di antaranya telah dikonfirmasi sebagai calon planet ekstrasurya. Kini, kami bisa memastikan bahwa 95 di antara 149 calon planet tadi memang telah terbukti merupakan planet asing."

Sejak penemuan planet ekstrasurya pertama di awal tahun 1990-an, teknologi kini telah berkembang begitu cepat, sehingga telah membuat para astronom lebih mudah untuk menemukan planet-planet yang redup dan jauh ini.

Untuk Apa Menemukan Planet Asing?

Dengan menemukan banyak planet asing, bukan berarti kita harus mengunjunginya satu per satu. Pencarian dan penemuan planet asing tidak lain adalah untuk memuaskan rasa keingintahuan, mengetahui sesuatu yang belum diketahui di alam semesta yang begitu misterius.

Dalam jangka pendek, dengan menemukan planet-planet asing, kita bisa mempelajari proses terbentuknya planet-planet tersebut, yang pada akhirnya bisa membuat kita memahami bagaimana sebenarnya asal-muasal tata surya kita, serta mempelajari asal-muasal Bumi, dan tentunya juga asal-muasal kehidupan.

Sementara dalam jangka panjang, dengan menemukan dan meneliti planet-planet asing, manusia akan mengetahui secara ilmiah bahwa ada kemungkinan banyak sekali kehidupan di planet lain. Dengan pengetahuan ini, maka nantinya pola berpikir manusia akan berubah total, baik dari segi filosofi, kepercayaan, maupun segi ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Dengan kata lain, pemahaman yang lebih baik terhadap planet asing akan memungkinkan kita untuk lebih memahami diri kita sendiri.

Referensi: EurekAlert.org, NASA.