Temukan M4 di Langit, Gugus Bintang Bola Terdekat Bumi

Gugus bintang bola M4. Kredit: Rolf Olsen
Info Astronomy - Sudah punya teleskop atau berencana beli teleskop tahun ini? Objek langit jauh yang satu ini bisa menjadi salah satu objek yang menarik untuk diamati. Inilah M4, gugus bintang bola terdekat Bumi kita!

Sebelumnya, tahukah Anda apa itu gugus bintang bola? Gugus bintang bola atau gugus bola merupakan sekumpulan bintang yang terikat oleh gravitasi. Dalam pandangan dari Bumi, sekumpulan bintang ini tampak membentuk struktur membulat seperti bola.

Gugus bola bisa berisi mulai dari puluhan ribu sampai 10 juta bintang, mereka memadat dalam bentuk bola. Kebanyakan gugus bola tidak berputar pada porosnya seperti yang dilakukan Bumi, melainkan setiap bintangnya bergerak secara acak, dipengaruhi oleh tarikan gravitasi bintang tetangganya.

Walau begitu, mereka semua "menggantung" bersama di galaksi seperti bola disko besar. Sejauh ini, setidaknya telah diketahui ada 152 gugus bola di galaksi kita, dan ada ribuan gugus bola lainnya pada galaksi-galaksi lain selain Bimasakti.

Nah, yang akan kita amati ini, M4, merupakan objek langit keempat dalam katalog 110 objek langit yang disusun oleh astronom Charles Rothier pada abad ke-18. Messier terobsesi dengan berburu komet kala itu, namun rupanya ia juga berhasil menemukan galaksi, nebula, dan bahkan gugus bintang seperti M4 ini.

Berjarak kurang lebih 7.200 tahun cahaya dari Bumi, M4 menjadi gugus bola terdekat dan salah satu yang paling terang di langit malam. M4 begitu mudah ditemukan, Anda hanya perlu menemukan bintang terang berwarna merah oranye bernama Antares di rasi bintang Skorpius, sebab letak M4 ada pada 1,3° di arah barat (kanan) Antares.

Gugus bola M4. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Dalam pandangan mata telanjang, gugus bola M4 akan terlihat cukup redup walaupun sudah mengamatinya di area langit yang gelap. Ia bahkan hanya akan tampak bagai titik bintang biasa. Namun, bila Anda mengamatinya denga teleskop minimal 600mm, Anda sudah bisa melihat detail gugus bola ini; seperti kerumunan bintang.

Walaupun tampak kecil di langit Bumi, sebenarnya M4 terbentang luas hingga selebar 50 tahun cahaya dan berisi lebih dari 20.000 bintang. Yang menarik adalah, bila kita mengamatinya malam ini, kita sedang melihat kondisi M4 7.200 tahun yang lalu (sesuai jaraknya), saat ketika roda baru saja ditemukan manusia dan manusia mulai bereksperimen untuk menulis.

M4 adalah objek langit yang harus dilihat. Sebuah kerugian bila belum pernah melihatnya dengan mata sendiri secara langsung.

Kiat: Agar Anda lebih mudah menemukan M4 di langit, Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh di sini: InfoAstronomy.org/unduh

Baca juga: 6 Teleskop untuk Pemula dengan Harga Terjangkau
Temukan M4 di Langit, Gugus Bintang Bola Terdekat Bumi Temukan M4 di Langit, Gugus Bintang Bola Terdekat Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on Januari 10, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!