Perijove 10: Pusaran Awan Badai di Jupiter dari Juno

Salah satu jepretan Juno, awan badai di Jupiter. Kredit: NASA/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Seán Doran
Info Astronomy - Pada 16 Desember 2017 kemarin, wahana antariksa nirawak Juno berhasil melakukan terbang lintas kesepuluh terhadap planet raksasa gas Jupiter, atau yang disebut sebagai perijove 10. Dalam perijove kali ini, Juno fokus memotret awan badai!

Ya, wahana antariksa Juno tidak diam di orbit Jupiter, ataupun mendarat, ia mengorbit sang planet termasif di tata surya kita tersebut setiap 53 hari. Setiap mencapai perijove, Juno melalui instrumen kamera bernama JunoCam ditugaskan memotret-motret Jupiter dari dekat.

Juno sendiri telah berada di orbit Jupiter sejak Juli 2016. Rencananya, perijove 11 akan dilakukan Juno pada bulan Februari 2018 mendatang. Dan sambil menunggu hal tersebut, mari lihat beberapa gambar paling menarik yang sudah diproses oleh astronom Gerald Eichstädt dan Seán Doran dari perijove 10 ini:

Perijove 10. Kredit: NASA/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Seán Doran