Almach, Sistem Empat Bintang yang Saling Mengorbit

Dalam pandangan dari Bumi, bintang Almach atau Gamma Andromedae tampak bagaikan satu bintang tunggal. Namun melalui pengamatan melalui teleskop besar, diketahui bahwa ia merupakan sistem empat bintang yang saling mengorbit!
Bintang Almach. Kredit: Anthony Ayiomamitis
Info Astronomy - Dalam pandangan dari Bumi, bintang Almach atau Gamma Andromedae tampak bagaikan satu bintang tunggal. Namun melalui pengamatan melalui teleskop besar, ia (atau mereka) diketahui merupakan sistem empat bintang yang saling mengorbit!

Bintang Almach berada di rasi bintang Andromeda, ia merupakan bintang tercerah ketiga di rasi bintang tersebut. Dalam pandangan teleskop kecil, Almach muncul sebagai bintang ganda, dengan salah satu bintangnya tampak berwarna keemasan dan pendampingnya tampak berwarna nila kebiruan. Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa Almach benar-benar empat bintang.

Dalam pandangan di langit Bumi, bintang Almach berada di kaki kiri rasi bintang Andromeda. Dengan magnitudo +2,26, Almach dapat diamati di langit malam yang lokasi pengamatannya minim polusi cahaya.

Bintang ini, atau sepertinya kita harus mengatakan sistem bintang, terletak kira-kira 350 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dengan 1 tahun cahaya setara dengan jarak 9,4 triliun kilometer.
Sistem peredaran empat bintang Almach. Kredit: Wikimedia Commons
Bila kamu bertanya-tanya bagaimana empat bintang pada sistem Almach saling mengorbit, perhatikan grafik di atas. Bintang Almach Ba dan Bb saling mengorbit satu sama lain sekaligus mengorbit bintang Almach C. Mereka bertiga lantas juga mengorbit bintang Almach A.

Dalam sebuah penelitian tentangnya, diketahui bintang utama Almach memiliki tipe spektral B8V. Ini berarti ia merupakan jenis bintang kerdil deret utama seperti Matahari. Ia berjarak kurang lebih 24.000 tahun cahaya dari pusat galaksi kita. Dengan Indeks Warna B-V 1,37, diketahui pula bahwa suhu bintang ini sekitar 3.900 derajat Celsius.

Radius bintang utama Almach juga telah diketahui, yakni sekitar 72,5 kali lebih besar daripada radius Matahari. Dengan radius Matahari yang mencapai 695.800 kilometer, maka radius bintang utama Almach diperkirakan mencapai 50.497.119 kilometer!

"Almach" sendiri merupakan nama tradisional (juga dieja sebagai Almaach, Almaack, Almak, Almaak). Namanya berasal dari bahasa Arab العناق الأرض (al-'anāq al-'arđ̧), yang memiliki arti "caracal" (lynx gurun). Almach adalah bintang paling terang ke-72 di langit malam.

Sumber: IAU Catalog, Encyclopedia of Science, Simbad.