Mengenal Almach, Sistem Empat Bintang yang Saling Mengorbit

Bintang Almach. Kredit: Anthony Ayiomamitis
Info Astronomy - Dalam pandangan dari Bumi, bintang Almach atau Gamma Andromedae tampak bagaikan satu bintang tunggal. Namun melalui pengamatan melalui teleskop besar, diketahui bahwa ia merupakan sistem empat bintang yang saling mengorbit!

Almach berada di rasi bintang Andromeda, ia merupakan bintang tercerah ketiga di rasi bintang tersebut (Gamma, γ). Dalam pandangan teleskop kecil, Almach muncul sebagai bintang ganda, dengan salah satu komponennya tampak berwarna keemasan dan komponen lainnya tampak berwarna nila kebiruan. Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa Almach benar-benar empat bintang.

Dalam langit Bumi, bintang Almach berada di kaki kiri rasi bintang Andromeda. Dengan magnitudo +2,26, Almach dapat diamati di langit malam yang lokasi pengamatannya minim polusi cahaya.

Bintang ini, atau sepertinya kita harus mengatakan sistem bintang, terletak kira-kira 350 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dengan 1 tahun cahaya setara dengan jarak 9,4 triliun kilometer.
Sistem peredaran empat bintang Almach. Kredit: Wikimedia Commons
Bila Anda bertanya-tanya bagaimana empat bintang pada sistem Almach saling mengorbit, perhatikan grafik di atas. Bintang Ba dan Bb saling mengorbit satu sama lain sekaligus mengorbit bintang C. Mereka bertiga lantas juga mengorbit bintang A.

Dalam sebuah penelitian tentangnya, diketahui bintang utama Almach memiliki tipe spektral B8V. Ini berarti ia merupakan jennis bintang kerdil deret utama seperti Matahari. Ia berjarak kurang lebih adalah 24.000 tahun cahaya dari pusat galaksi kita. Dengan Indeks Warna B-V 1,37, diketahui pula bahwa suhu bintang ini sekitar 3.900 derajat Celsius.

Radius bintang utama Almach juga telah diketahui, yakni sekitar 72,57 kali lebih besar dari pada radius Matahari. Dengan radius Matahari yang mencapai 695.800 kilometer, oleh karena itu radius bintang utama Almach diperkirakan mencapai 50.497.119 kilometer.

"Almach" sendiri merupakan nama tradisional (juga dieja sebagai Almaach, Almaack, Almak, Almaak, atau Alamak). Namanya berasal dari bahasa Arab العناق الأرض (al-'anāq al-'arđ̧), yang memiliki arti "caracal" (lynx gurun). Almach adalah bintang paling terang ke-72 di langit malam.

Sumber: IAU Catalog, Encyclopedia of Science, Simbad.
Mengenal Almach, Sistem Empat Bintang yang Saling Mengorbit Mengenal Almach, Sistem Empat Bintang yang Saling Mengorbit Reviewed by Riza Miftah Muharram on November 22, 2017 Rating: 5