13 November 2017: Konjungsi Planet Venus dengan Jupiter

Konjungsi Venus dengan Jupiter. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Rendah di langit timur sekitar 45 menit sebelum Matahari terbit, planet Venus dan planet Jupiter akan tampak berdekatan satu sama lain. Kedua planet ini bisa diamati dari langit atas rumah Anda selama cuaca cerah.

Dalam astronomi, konjungsi memiliki makna "searah". Atau dengan kata lain, konjungsi Venus dengan Jupiter artinya adalah mereka berada di arah yang sama untuk kita amati. Sehingga membuat pasangan benda langit ini bakal tampak seolah berdekatan di langit Bumi.

Konjungsi Venus dan Jupiter yang terjadi pada 13 November 2017 sebenarnya cukup sulit diamati. Sebab, keduanya masih berada cukup rendah saat Matahari hampir terbit. Bila mengamati terlalu dini, Venus dan Jupiter belum terbit. Tapi kalau telat mengamatinya, Venus dan Jupiter sudah redup kalah oleh silau Matahari.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk mengamatiya? Saya merekomendasikan pukul 05.00 waktu setempat daerah Anda. Pada jam itu, Venus dan Jupiter berada di atas lima derajat dari cakrawala timur. Pastikan saja pandangan ke arah timur (arah Matahari terbit) di lokasi pengamatan Anda tidak terhalang pepohonan, bangunan tinggi, ataupun pegunungan.

Perlu diketahui, pengamatan bisa dilakukan dengan mata telanjang. Namun, tanpa menggunakan teleskop, Anda hanya akan melihat Venus dan Jupiter bagaikan bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip, di mana Venus akan jauh lebih terang daripada Jupiter. Anda butuh teleskop untuk bisa melihat Venus dan Jupiter lebih jelas.

Oh iya, apa yang akan kita lihat di langit sebenarnya adalah ilusi perspektif. Kedua planet itu tidak saling berdekatan dalam artian sebenanrya; mereka hanya tampak dekat saat diamati dari sudut pandang planet kita. Venus, saat konjungsi, berjarak sekitar 246 juta kilometer dari Bumi kita, sementara Jupiter hampir empat kali lebih jauh, yakni sekitar 956 juta km.

Perhatikan grafik di bawah ini:

Letak planet-planet tata surya pada 13 November 2017. Skala diabaikan. Kredit: Solar System Now
Grafik di atas menunjukkan bahwa Venus dan Jupiter berada "searah" dalam pengamatan dari Bumi. Jadi walau mereka sebenarnya tetap berada di orbit masing-masing, karena perspektif pengamatan, keduanya tampak bersebelahan.

Konjungsi pun bukan fenomena yang berbahaya, pun bukan peristiwa langka. Konjungsi antara Venus dan Jupiter terjadi pada interval rata-rata 13 bulan, atau lebih tepatnya setiap 398,88 hari. Namun, konjungsi Venus-Jupiter pada 13 November 2017 ini merupakan peristiwa yang istimewa karena mereka begitu dekat satu sama lain untuk 100 tahun ke depan.

Jangan sampai melewatkan peristiwa yang satu ini ya. Bangunlah lebih pagi pada hari Senin besok untuk bisa menyaksikan Venus dan Jupiter. Selamat berburu planet dan semoga cuaca cerah!


Sumber: EarthSky, Space.com.
13 November 2017: Konjungsi Planet Venus dengan Jupiter 13 November 2017: Konjungsi Planet Venus dengan Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on November 12, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!