Cara Mudah Mengetahui Rasi Bintang di Langit Malam

Mengamati rasi bintang. Kredit: Cloudfront.net
Info Astronomy - Kurang lebih, di langit ada total 88 rasi bintang yang resmi diakui oleh Persatuan Astronomi Internasional. Dari banyaknya jumlah rasi bintang itu, bisakah Anda mengetahui dengan mudah di mana letak-letak rasi bintang tersebut? Berikut ini, kami akan berikan cara mudah untuk belajar rasi bintang.

Ya, belajar astronomi tidak harus dimulai dengan hitung-menghitung, tapi bisa juga belajar dari hal yang paling sederhana; melihat dan memahami sebuah rasi bintang.

Selama berabad-abad, rasi bintang menjadi pemandu bagi orang-orang di seluruh dunia. Setidaknya, ada empat rasi bintang yang digunakan oleh para nelayan, para peladang, penyuka kegiatan alam, hingga orang-orang tersesat tentunya, untuk mengetahui arah mata angin. Yakni rasi bintang Ursa Minor (di Indonesia juga dikenal sebagai Biduk), rasi bintang Crux (dikenal juga sebagai Gubung Penceng), rasi bintang Orion, dan rasi bintang Scorpius.

Sayangnya, saat ini rasi bintang seolah menjadi sebuah "seni yang hampir punah". Kemajuan kota-kota di dunia menyebabkan tingkat polusi cahaya meninggi, yang membuat pandangan kita ke bintang-bintang di langit menjadi sangat sulit karena langit tidak gelap lagi. Seolah mengetahui rasi bintang hanyalah sebuah permainan saja, bukan sebuah kebutuhan lagi.

Mungkin, hanya orang-orang yang memiliki gairah dalam belajar astronomi yang ingin mengetahui ada rasi bintang apa di langit, selebihnya adalah sekelompok orang yang tidak peduli. Namun, menurut saya, mengetahui bentuk dan letak rasi bintang di masa kini adalah suatu hal yang keren dan tidak semua orang mampu melakukannya. Anda tertarik untuk mencoba?

Menemukan Bintang

Bergantung pada lokasi dan waktu di mana Anda sekarang berada, bintang-bintang yang diamati juga berbeda. Di zaman serba modern ini, ada banyak aplikasi daring dan bahkan luring yang dapat membantu Anda mengidentifikasi posisi dan bentuk rasi bintang.

Jika Anda tidak memiliki teman yang merupakan seorang pengamat langit "veteran", aplikasi peta bintang dapat membantu Anda menemukan setiap rasi bintang. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba, seperti aplikasi Starry Night, Stellarium, atau Google Sky Map, yang mana ketiganya dapat memungkinkan Anda berlatih mengetahui bentuk dan letak rasi bintang. [Baca Juga: 5 Aplikasi Peta Langit Wajib Dicoba]

Tapi, jangan bergantung dengan aplikasi saja, Anda juga harus benar-benar melihat langsung beberapa rasi bintang. Semacam mencocokkan apa yang ada di aplikasi dengan yang ada di langit. Pergilah menjauh dari kota untuk mendapatkan langit yang gelap, siapkan binokuler atau teleskop sehingga Anda bisa melihat bintang redup ataupun benda langit lain yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Pada akhirnya, cobalah untuk mengetahui bintang-bintang terang pada sebuah rasi bintang. Misalnya bintang Betelgeuse, yang merupakan bintang paling terang di rasi bintang Orion. Dengan menemukan Betelgeuse, Anda sudah menemukan rasi bintang Orion.

Atau hafalkan juga letak bintang-bintang terang tersebut, kapan bintang-bintang terang tersebut muncul, dan bagaimana bentuk rasi bintang di mana bintang tersebut berada. Memang tidak instan, butuh semangat bila mau belajar.

Dengan begitu banyak bintang yang nantinya Anda amati dan pelajari, Anda mungkin bahkan akan menamai beberapa rasi bintang dengan nama yang Anda mau sendiri.

Selamat belajar rasi bintang!
Cara Mudah Mengetahui Rasi Bintang di Langit Malam Cara Mudah Mengetahui Rasi Bintang di Langit Malam Reviewed by Riza Miftah Muharram on Oktober 28, 2017 Rating: 5