Nama-nama Kucing yang Diabadikan di Cincin Saturnus

Saturnus dan cincinnya yang megah. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Nama-nama benda langit tidak melulu diambil dari tokoh-tokoh penemu ataupun mitologi kuno. Baru-baru ini, beberapa fitur cincin Saturnus diberi nama dari nama-nama kucing seperti Butterball, Fluffy, Garfield, Socks, dan Whiskers.

Fitur-fitur cincin Saturnus tersebut terletak di cincin F, bagian cincin yang berada pada tepian luar. Pengamatan oleh wahana antariksa Cassini saat ia masih aktif berhasil mengungkap adanya banyak gumpalan dan benda-benda kecil seperti asteroid di cincin F.

Benda-benda kecil di cincin F tersebut sebenarnya sudah diberi nama pada awal ditemukannya. Misalnya, salah satu benda kecil di cincin F ada yang dinamai sebagai Alpha Leonis Rev 9. Nama tersebut, menurut para ilmuwan Cassini, terlalu susah diingat, sehingga mereka pun telah memberi nama yang lebih mudah diingat untuk yang satu ini: Mittens.

Ilustrasi Mittens, benda terbesar seperti asteroid di tengah kanan. Kredit: NASA/JPL/Universitas Colorado
Mittens pertama kali terlihat oleh wahana antariksa Cassini pada bulan Desember 2007 ketika benda kecil selebar 600 meter tersebut tampak transit di depan bintang di latar belakang dalam pandangan dari Cassini. Mittens teramati menghalangi cahaya bintang tersebut, sehingga mudah diketahui ukuran dan bentuknya.

Biasanya, prosedur penamaan untuk benda angkasa cukup ketat. Yang terakhir adalah, Pluto baru saja memiliki total 14 nama baru bagi fitur-fitur utama di permukaannya. Sekadar informasi, lembaga resmi yang berhak untuk memberikan dan meresmikan nama sebuah benda angkasa hanyalah International Astronomical Union (IAU).

Ya, secara internasional, IAU diakui sebagai pihak yang berwenang atas penamaan bintang, planet, asteroid, dan benda langit lainnya hingga fitur-fitur pada sebuah planet dalam komunitas ilmiah dan merupakan badan resmi astronomi.

Total, ada 60 "kucing" di cincin F Saturnus saat ini. Mengatalogkan "kucing-kucing" ini sangat membantu para ilmuwan membuat perkiraan yang presisi tentang berapa banyak total material dan berapa massa keseluruhan cincin Saturnus, dan itu berimplikasi pada informasi terkait usia benda-benda kecil di cincin Saturnus; yang usianya tua adalah yang berukuran besar.

Mittens bahkan bisa memegang petunjuk tentang asal-usul planet kita sendiri, Bumi. Hal itu karena sebelum planet-planet tata surya kita terbentuk, mereka adalah batu-batuan kecil seperti Mittens yang berserakan di sepanjang cakram surya, tidak begitu berbeda dengan cakram cincin Saturnus.

Dengan begitu, memahami bagaimana Mittens dan puluhan "kucing" di cincin Saturnus terbentuk dan berevolusi dari waktu ke waktu bisa memberi tahu kita sedikit informasi tentang bagaimana Bumi dan planet-planet tetangga kita terbentuk.

Lihat jurnal penelitian dan 60 kucing di cincin Saturnus di tautan ini.

Sumber: Space.com, NASA JPL.
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
Nama-nama Kucing yang Diabadikan di Cincin Saturnus Nama-nama Kucing yang Diabadikan di Cincin Saturnus Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 27, 2017 Rating: 5