Ketika Asteroid Diorbiti Asteroid Lainnya

Asteroid 3122 Florence dengan dua satelit alaminya. Kredit: NASA/JPL/CNEOS
Info Astronomy - Melintas dekat Bumi pada 1 September 2017, asteroid bernama 3122 Florence ditemukan memiliki dua satelit alami yang mengitarinya, yang juga merupakan sebuah asteroid lain yang lebih kecil. Hal ini terungkap ketika sekelompok astronom mengamatinya lewat radar.

Gambar radar asteroid 3122 Florence yang diperoleh dengan antena selebar 70 meter di Kompleks Antariksa Deepstone NASA, antara 29 Agustus hingga 1 September 2017, telah mengungkapkan bahwa asteroid tersebut memiliki dua bulan kecil, dan juga memastikan bahwa asteroid utama Florence berdiameter sekitar 4,5 km.

3122 Florence merupakan asteroid ketiga yang diketahui memiliki dua satelit alami dalam katalog populasi asteroid dekat Bumi yang terdiri lebih dari 16.400 asteroid yang telah ditemukan sampai saat ini.

Ukuran dua bulan kecil yang mengitari asteroid 3122 Florence belum diketahui, tapi telah diperkirakan berukuran antara 100-300 meter. Waktu yang dibutuhkan setiap satelit alami kecil tersebut untuk mengitari asteroid 3122 Florence juga belum diketahui secara tepat, namun perkiraan awal menunjukkan angka sekitar 8 jam untuk satelit alami terdalam (inner moon) dan 22 sampai 27 jam untuk satelit alami terluar (outer moon).

Asteroid 3122 Florence sendiri ditemukan pada tanggal 2 Maret 1981 dari Observatorium Siding Spring di Australia. Nama asteroid ini diberikan untuk menghormati Florence Nightingale (1820-1910), pendiri keperawatan modern. Pada 1 September 2017 kemarin, asteroid ini melewati Bumi dengan aman pada jarak lebih dari 18 kali jarak Bumi-Bulan, jarak yang tidak akan dicapainya lagi sampai tahun 2500.

Sumber: EarthSky