ESO 376-16, Galaksi dengan Bentuk yang Masih Diperdebatkan

Galaksi ESO 376-16. Kredit: ESA/Hubble, NASA
Info Astronomy - Menurut Anda, apa bentuk galaksi ini? Galaksi spiral atau galaksi tak beraturan? Galaksi yang dikatalogkan sebagai ESO 376-16 ini kini menjadi bahan perdebatan oleh para astronom karena bentuknya yang misterius.

Jarak ke benda-benda di alam semesta bisa sangat berbeda. Bintang terdekat dengan Bumi kita, Proxima Centauri, terletak pada jarak sekitar 4,2 tahun cahaya, sementara galaksi-galaksi terjauh dari Bumi di alam semesta diketahui berjarak 13 miliar tahun cahaya atau bahkan lebih.

Pada gambar di atas yang dipotret oleh Teleskop Antariksa Hubble, tampak sebuah galaksi yang terletak hampir 23 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, tidak begitu jauh jaraknya dalam skala kosmik. Namun, walaupun jarak galaksi ESO 376-16 ini tak begitu jauh, kita ternyata baru sedikit mengetahui informasi tentang galaksi tersebut.

Dilansir dari siaran pers ESO, para astronom saat ini masih berdebat tentang sifat-sifat galaksi ESO 376-16, termasuk morfologinya. Morfologi galaksi dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penampilan visual dan karakteristiknya.

Ada yang dikenal sebagai galaksi spiral, seperti Bimasakti, merupakan galaksi dengan bentuk seperti cakram yang rata dengan lengan melengkung yang menyapu keluar dari inti pusatnya. Sementara, ada pula galaksi dengan bentuk yang tidak beraturan, jenis galaksi yang tidak memiliki struktur serta terlihat lebih kacau.

Atas dasar morfologinya yang agak tidak jelas, para astronom pun bimbang menentukan seperti apa bentuk sebenarnya galaksi ESO 376-16 ini. Tapi sejauh ini, ada sekelompok astronom yang menganggapnya sebagai galaksi spiral tipe akhir, dan ada pula yang menganggapnya sebagai galaksi kerdil tak beraturan.

Bagaimana menurut Anda?
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
ESO 376-16, Galaksi dengan Bentuk yang Masih Diperdebatkan ESO 376-16, Galaksi dengan Bentuk yang Masih Diperdebatkan Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 25, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!