6 September 2017: Bulan Purnama

Bulan Purnama. Kredit: Pexels.com
Info Astronomy - Hari ini, 6 September 2017, Bulan akan memasuki fase penuh atau yang dikenal sebagai Bulan Purnama.

Bulan Purnama ini bertepatan dengan tanggal 14 Zulhijah 1438 Hijriah. Bulan Purnama 6 September 2017 akan terjadi tepatnya pukul 14.03 WIB. Pada saat itu, Bulan akan berada pada deklinasi -08°03' di rasi bintang Akuarius. Jaraknya dari Bumi akan sekitar 384.000 km.

Namun, kita baru bisa melihat Bulan Purnama yang terbit ketika Matahari terbenam di sore harinya. Dengan begitu, posisi Bulan terhadap Matahari adalah 180 derajat, Bulan Purnama akan terlihat sepanjang malam mulai terbenamnya Matahari tadi hingga menjelang Matahari terbit esok hari.

Mengenal Fase-fase Bulan

Bulan adalah bola yang bergerak mengelilingi Bumi setiap 29,5 hari. Selama mengelilingi Bumi, ia diterangi dari berbagai sudut oleh Matahari. Pada fase "Bulan baru," Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga sisi Bulan yang menghadap ke Bumi tidak terlihat karena tidak menerima sinar Matahari langsung.

Sepekan setelah Bulan baru, letak Bulan akan berpindah 90 derajat lebih jauh dari Matahari di langit, membuatnya nampak diterangi setengah atau sebagian saja, sebuah fase yang kita kenal sebagai "kuartal awal".

Lalu sepekan kemudian setelah kuartal awal, letak Bulan sudah pindah lagi menjadi 180 derajat jauhnya dari Matahari di langit Bumi, sehingga kedudukannya adalah Matahari, Bumi dan Bulan berada satu garis lurus. Saat itu, wajah Bulan yang menghadap ke Bumi sepenuhnya diterangi oleh Matahari, jadi fase yang kita kenal sebagai "Bulan Purnama."

Selanjutnya, sepekan kemudian setelah Purnama, Bulan telah pindah lagi ke posisi fase kuartal akhir. Hingga pada akhirnya, sepekan setelah kuartal akhir, Bulan adalah kembali ke posisi awalnya, yakni fase Bulan baru.

Baca jadwal peristiwa langit September 2017 selengkapnya di tautan ini.
6 September 2017: Bulan Purnama 6 September 2017: Bulan Purnama Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 06, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!