Header Ads

Okultasi 18 September 2017: Ketika Bulan Menggerhanai Venus

Baca Juga

Okultasi Venus 22 April 2009. Kredit: Wes Stone
Info Astronomy - Melihat gerhana Bulan atau gerhana Matahari mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan gerhana planet? Walaupun dalam astronomi lebih dikenal dengan istilah okultasi, peristiwa ini pada dasarnya mirip dengan gerhana. Dan pada 18 September 2017, Venus akan digerhanai Bulan.

Okultasi adalah peristiwa yang berlangsung ketika suatu objek yang berjarak lebih jauh ditutupi oleh objek lain yang lewat di antaran objek jauh yang ditutupi dan pengamat. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut peristiwa ketika Bulan menutupi planet, bintang, nebula, hingga galaksi tetangga.

Sama seperti peristiwa gerhana, okultasi juga merupakan peristiwa langit yang terbilang langka. Tercatat, okultasi Venus terakhir kali teramati di Indonesia pada tahun 2010, atau sekitar tujuh tahun yang lalu. Okultasi selanjutnya pasca-18 September 2017 nanti tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2022.

Okultasi Venus akan berlangsung mulai pukul 05.41 WIB hingga pukul 06.55 WIB. Jadi, bangunlah mulai dini hari pada tanggal 18 September 2017 mendatang, Anda akan melihat adanya Bulan dan Venus yang terang di langit timur.

Peta visibilitas okultasi Venus, wilayah di garis merah bisa mengamatinya. Kredit: NAO.ac.jp
Pada peta visibilitas di atas, kita dapat melihat adanya garis merah. Wilayah yang dilingkupi garis merah tersebut merupakan wilayah-wilayah yang dapat mengamati peristiwa okultasi Venus.

Okultasi Venus akan terjadi mulai dari Samudra Pasifik, melintasi Selandia Baru, Australia, Indonesia, dan berakhir di Samudra Hindia. Namun, tak seluruh wilayah Indonesia menjadi lokasi ideal untuk mengamati peristiwa ini.

Lokasi terbaik untuk mengamati okultasi Venus di Indonesia adalah di Pulau Sumatera, yakni mulai dari Sumatera Utara, hingga ke selatan sampai Lampung. Mengapa terbaik? Sebab, ketika okultasi Venus terjadi di sana, Matahari belum terbit sehingga Venus dan Bulan bisa terlihat jelas. Dengan begitu, semakin ke timur maka semakin sulit mengamatinya.

Peristiwa okultasi Venus ini dapat diamati dengan mata telanjang. Tapi, bila ingin melihat Venus lebih jelas, Anda bisa menggunakan teleskop saat pengamatan.

Nah, dalam rangka "menjemput bola" untuk mengamati okultasi Venus tahun ini, kami bersama komunitas astronomi Jejak Pengamat Langit mengadakan tur ke Pulau Sangiang, Banten untuk berburu okultasi Venus. Mau ikut? Info lengkap terkait tur ini bisa dibaca di JejakLangit.com/tour


Sumber: EarthSky

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.