Header Ads

Foto-foto Hujan Meteor Perseid 2017 dari Seluruh Dunia

Baca Juga

Salah satu meteor yang melesat pada hujan meteor Perseid 12 Agustus 2017 di Puerto Rico. Kredit: Frankie Lucena
Info Astronomy - Walaupun cahaya Bulan masih cukup terik pada puncak hujan meteor Perseid 12-13 Agustus 2017 kemarin, nyatanya hal tersebut tidak terlalu berpengaruh besar. Meteor-meteor masih banyak yang melesat indah di langit. Berikut ini foto-fotonya dari berbagai penjuru dunia.

Oh iya, sekadar informasi, hujan meteor Perseid terjadi ketika debu berupa batuan yang ditinggalkan pada komet Swift-Tuttle. Dalam orbitnya mengelilingi Matahari, Bumi selalu melintasi bekas jalur komet ini pada tanggal 12-13 Agustus, sehingga batuan-batuan tersebut tertarik gravitasi Bumi lalu terbakar di atmosfer sebagai meteor.

Nah, inilah beberapa foto lesatan meteor pada puncak hujan meteor Perseid tahun 2017 pilihan kami yang didapat dari situs web berbagi foto Spaceweathergallery.com:

Meteor Perseid 12-13 Agustus 2017 di Florida, AS. Kredit: Brent
Fireball pada Perseid 2017 di Grodztwo, Polandia. Kredit: Piotr Majewski
Pada foto yang dijepret oleh astrofotografer Piotr Majewski di atas, tampak sebuah meteor terang yang dijuluki sebagai fireball atau bola api. Dikutip dari Kalastro.id, bola api adalah meteoroid berukuran sedang dan terbakar dengan lambat.

Umumnya, bola api bisa terlihat hingga 5-10 detik. Tingkat kecerlangan bola api umumnya sekitar magnitudo -4 atau kira-kira seterang Venus. Bola api meninggalkan jejak seperti asap yang bertahan hingga beberapa detik, berbeda dengan meteor biasa yang hanya melesat begitu saja tanpa ada jejak asap.

Hujan meteor Perseid 2017 dalam citra komposit. Ontario, Kanada. Kredit: Felix Zai
Gambar yang dipotret astrofotografer Felix Zai di atas juga menampakkan adanya bola api. Gambar komposit yang diambil pada area pedesaan di Ontario, Kanada pada 13 Agustus 2017 tersebut berhasil memperlihatkan banyaknya meteor yang melintas pada puncak Perseid tahun ini walaupun ada Bulan.

Hujan meteor Perseid 2017 di Flevoland, Belanda. Kredit: Ide Geert Koffeman
Perseid 2017 di Girona, Spanyol. Kredit: Juan Carlos Casado
Nah, itulah beberapa foto hujan meteor Perseid tahun 2017 yang begitu menakjubkan. Peristiwa hujan meteor Perseid selanjutnya akan terjadi di tanggal yang sama tahun depan. Jadi, jangan sampai melewatkannya ya!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.