30 Agustus: Yuk Lihat Planet Saturnus di Dekat Bulan!

Letak Bulan dan Saturnus 30 Agustus 2017 jam 07.00 PM. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Malam ini, 30 Agustus 2017, kita berkesempatan melihat peristiwa konjungsi antara Bulan dengan planet Saturnus. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan Bulan untuk menemukan sang planet raksasa gas bercincin tersebut di langit malam.

Bisa diamati mulai Matahari terbenam senja nanti, kita akan melihat Bulan dan Saturnus yang tampak bersebelahan 3°32' satu sama lain. Dalam astronomi, peristiwa ini dikenal dengan istilah "konjungsi". Pada saat konjungsi, Bulan sudah memasuki usia 9 hari.

Mulailah pengamatan pada pukul 18.38 waktu setempat daerah Anda, baik Bulan dan Saturnus keduanya pada saat itu akan berada pada ketinggian 74° di atas cakrawala selatan Anda. Tepat pada pukul 18.46 waktu setempat, Bulan dan Saturnus mencapai titik tertingginya di langit sehingga akan berada di langit atas kepala.

Kedua benda langit ini bisa terus diamati sampai sekitar pukul 00.17 (31/8), saat keduanya berada pada ketinggian 8° di atas cakrawala barat daerah Anda. Pada saat konjungsi, Bulan akan bersinar dengan magnitudo -12 dan Saturnus dengan magnitudo 0,2. Keduanya akan berada di rasi bintang Ofiukus.

Pengamatan bisa dilakukan di seluruh Indonesia selama cuaca cerah. Bila pengamatan dilakukan dengan mata telanjang, Anda hanya akan melihat Saturnus yang tampak bagaikan bintang kuning keemasan terang yang tidak berkelap-kelip di dekat Bulan.

Namun, bila pengamatan dilakukan dengan teleskop, Anda bisa melihat Saturnus lebih jelas lengkap dengan cincinnya dan satelit-satelit alami terbesarnya seperti Titan, Tetis, Dione, Rea, dan Enseladus.

Selamat observasi!