Header Ads

VIDEO: Melayang di Atas Pluto

Baca Juga

Tangkapan layar video melayang di atas Pluto. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada Juli 2015 silam, wahana antariksa nirawak New Horizons berhasil terbang lintas dekat dan mengirim gambar pertama Pluto dari jarak dekat. Dan dalam rangka merayakan ulang tahun kedua New Horizons yang berhasil menjelajah Pluto, NASA telah merilis video melayang di atas Pluto yang menakjubkan.

Video yang bisa Anda tonton di bawah ini dibuat dari seluruh data dan citra yang diperoleh dari wahana antariksa New Horizons yang dikombinasikan dengan model komputer untuk elevasi permukaan Pluto. NASA mengatakan, para ilmuwannya membuat video ini untuk memberikan perspektif baru tentang bagaimana permukaan Pluto sebenarnya.

Video melayang di atas permukaan Pluto ini dimulai di atas dataran tinggi ke arah barat daya yang merupakan hamparan besar lapisan es nitrogen yang secara informal bernama Sputnik Planitia. Video ini lantas akan membawa Anda melayang di atas wilayah bernama Cthulhu Macula yang gelap dan berkawah, dengan pegunungan yang membentang di sebelah kanan.

Tur melalui video tersebut selanjutnya akan membawa Anda bergerak ke utara melewati dataran tinggi yang terjal dan dataran retak yang dinamai Voyager Terra, lalu kemudian membelok ke selatan melewati area bernama Pioneer Terra yang banyak dihuni lubang yang dalam dan lebar. Pada akhirnya, video akan ditutup ketika Anda dibawa melayang di atas medan terjal Tartarus Dorsa di ujung timur Pluto.

Penasaran seperti apa videonya? Langsung tonton di bawah ini:


Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.