Header Ads

Ramainya Langit Timur Dini Hari 20 Juli 2017

Baca Juga

Benda-benda langit di langit arah timur, 20 Juli 2017 04.25 AM. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Sebelum memulai hari pada 20 Juli 2017, sekitar 2,5 jam sebelum Matahari terbit, kita berkesempatan melihat Bulan yang berkonjungsi dengan Aldebaran, planet Venus, gugus bintang Pleiades, hingga nebula Orion!

Namun, benda-benda langit ini hanya bisa diamati di lokasi pengamatan yang cuacanya cerah dan minim polusi cahaya, terlebih bila Anda ingin melihat gugus bintang Pleiades dan nebula Orion. Bagi yang tinggal di area perkotaan, mungkin hanya akan melihat, Bulan sabit, Aldebaran, dan planet Venus saja.

Konjungsi Bulan dan Aldebaran

Aldebaran merupakan bintang paling terang di rasi bintang Taurus, ia berjarak sekitar 65 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Pada dini hari tanggal 20 Juli 2017, Aldebaran akan tampak seolah berdekatan dengan Bulan sabit yang hanya berjarak 1,3 detik cahaya saja dari Bumi.

Peristiwa ini disebut sebagai konjungsi, yakni istilah untuk peristiwa yang terjadi saat jarak sudut (elongasi) suatu benda langit dengan benda langit lainnya sama dengan nol derajat ketika diamati dari Bumi. Jadi walaupun Bulan sabit dan Aldebaran tampak berdekatan besok pagi, sebenarnya kedua benda langit ini terpisah dalam jarak yang amat sangat luar biasa jauh.

Pada saat konjungsi, Bulan sabit dan Aldebaran hanya akan terpisah sejauh 0,4° satu sama lain. Bila diamati dengan mata telanjang, kita akan melihat bintang oranye kemerah-merahan tampak berada di sisi sebelah kiri bawah Bulan persis seperti ilustrasi peta langit di atas.

Planet Venus

Venus selalu muncul sangat terang dan indah. Ia merupakan benda paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan (ya, bila mata Anda jeli, Anda bisa melihat Venus di langit siang hari). Sepanjang Juli 2017, Venus masih menjadi "bintang pagi" yang akan menyambut pagi Anda.

Cukup mudah atau bahkan sangat mudah untuk menemukan Venus. Untuk tanggal 20 Juli 2017, temukanlah dulu Bulan sabit di langit timur pada dini hari, Anda lalu akan menemukan Venus yang tampak bagai bintang paling terang di arah timur atau di bawah Bulan sabit.

Gunakan teleskop untuk melihat Venus lebih jelas. Sepanjang Juli ini, Venus akan muncul dalam fase separuh hingga sabit saat diamati melalui teleskop.

Gugus bintang Pleiades (kiri atas). Kredit: Martin Marthadinata

Gugus Bintang Pleiades

Pleiades (Messier 45) merupakan sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, ia merupakan gugus bintang paling jelas dan paling terang yang bisa dilihat dengan mata telanjang, serta juga salah satu yang terdekat dengan Bumi.

Gugus bintang Pleiades bisa dengan mudah dilihat walaupun hanya dengan mata telanjang, namun dengan catatan lokasi pengamatan Anda gelap gulita dan minim polusi cahaya. Dalam padangan mata telanjang, Pleiades muncul bagai bintik-bintik bintang biru yang unik.

Gugusan bintang ini terdiri dari lebih dari seribu bintang yang sudah diketahui. Namun, karena jaraknya yang cukup jauh dengan Bumi, Pleiades terlihat hanya terdiri dari tujuh bintang utamanya, yaitu (menurut urutan abjad): Alcyone, Celaeno, Electra,  Maia, Merope, Taygeta, dan Sterope.

Nebula Orion

Inilah yang paling sulit diamati dengan mata telanjang, terlebih bila Anda tinggal di area perkotaan atau di pinggiran kota. Untuk mengamatinya, langit gelap dan minim polusi cahaya lagi-lagi menjadi hal wajib.

Dengan magnitudo +4, nebula Orion menjadi satu dari beberapa benda langit jauh (deep sky object) yang dapat diamati tanpa teleskop. Nebula Orion, yang dikenal juga dengan Messier 42 atau M42, adalah nebula besar yang terletak di selatan Sabuk Orion (tiga bintang sejajar) pada rasi bintang Orion.

Nebula ini terletak pada jarak 1.344 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan daerah pembentukan bintang yang paling dekat dengan Bumi. Nebula Orion diestimasikan memiliki diameter 24 tahun cahaya dengan massa sekitar 2.000 kali massa Matahari.

Nah, itulah informasi terkait benda-benda langit yang bisa diamati pada dini hari 20 Juli 2017. Kesemua benda langit di atas bisa terus diamati hingga beberapa pekan ke depan, hanya Bulan saja yang berpindah-pindah posisi karena ia mengorbit Bumi kita.

Agar lebih mudah menemukan benda-benda langit ini, Anda bisa menggunakan salah satu dari lima aplikasi peta langit yang kami rekomendasikan di sini: InfoAstronomy.org/petalangit

Selamat observasi!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.