Header Ads

Momen Ketika Matahari Terbit di Saturnus

Baca Juga

Planet Saturnus dipotret oleh Cassini pada jarak 1,23 juta km pada 25 Februari 2017. Kredit: NASA/JPL/SSI
Info Astronomy - Inilah bagaimana suasana menjelang terbit fajar di Saturnus yang dipotret dari kejauhan. Setengah bagian dari sang planet bercincin tampak tersinari oleh Matahari pada gambar ini, sementara sisi lainnya masih malam hari.

"Cahaya Matahari butuh waktu sekitar 80 menit perjalanan untuk mencapai Saturnus," tulis NASA pada sebuah deskripsi tentang gambar tersebut di situs web resminya. "Cahaya Matahari yang diterima Saturnus begitu lemah dibandingkan dengan Bumi yang 10 kali lebih dekat ke Matahari. Namun karena kegelapan angkasa, segala sesuatu di Saturnus masih bersinar terang di bawah sinar Matahari."

Wahana antariksa nirawak Cassini mengambil gambar ini pada 25 Februari 2017 pada jarak sekitar 1,23 juta kilometer. Cassini memang merupakan wahana antariksa yang bertugas mengelilingi sistem Saturnus sejak Juli 2004.

Cassini saat ini telah dijadwalkan untuk terjun ke atmosfer planet raksasa gas tersebut pada 15 September 2017 mendatang. Misi tersebut dilakukan mengingat bahan bakar Cassini telah habis sehingga masa tugasnya akan diakhiri dalam upaya bunuh diri.

Akhir misi dengan bunuh diri Cassini tersebut disengaja dan memang dirancang untuk memastikan bahwa Cassini tidak mencemari satelit-satelit alami Saturnus seperti Titan atau Enseladus dengan mikroba dari Bumi yang kemungkinan menempel di badan dan instrumen ilmiahnya.

Oh iya, sebagai tambahan, bagi Anda yang bertanya-tanya mengapa tidak ada bintang pada gambar di atas, hal itu disebabkan karena bintang-bintang latar belakang terlalu redup, ditambah kamera Cassini tidak diatur untuk mengambil gambar bintang yang redup tadi, melainkan diatur dengan eksposur rendah untuk memotret Saturnus yang lebih terang.


Sumber foto: NASA

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.