Header Ads

Panduan Pengamatan Galaksi Bimasakti Sepanjang Juli 2017

Terbitnya bentangan galaksi Bimasakti di awal malam sepanjang Juli 2017. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Karena telah memasuki musim kemarau, langit malam sepanjang Juli ini diperkirakan akan didominasi cuaca cerah. Dengan begitu, inilah saat terbaik untuk memulai pengamatan bentangan galaksi Bimasakti.

Sebagai informasi, bentangan galaksi Bimasakti hanya bisa terlihat di lokasi pengamatan yang kondisi langit malamnya masih bebas polusi cahaya alias gelap gulita, jauh dari perkotaan yang kini telah sangat tercemar cahaya di mana-mana.

Jadi, bagi Anda yang ingin melihat bentangan galaksi Bimasakti, mulailah atur jadwal perjalanan ke lokasi-lokasi pengamatan seperti perdesaan, pegunungan, atau bahkan pantai. Yang jelas, sebisa mungkin jauh dari cahaya kota.

Saat memandangi bentangan galaksi Bimasakti dengan mata telanjang, Anda juga tidak akan melihat pemandangan Bimasakti yang terang seperti pada foto-foto yang tersebar di Internet. Foto-foto hasil jepretan fotografer tersebut menggunakan kamera dengan teknik long-exposure sehingga dapat mengumpulkan sangat banyak cahaya dari yang mata kita bisa lakukan.

Baiklah, berikut panduan untuk melakukan pengamatan bentangan galaksi Bimasakti!

Mencari Posisi Bimasakti

Pertama, yang harus dilakukan untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti adalah jelas dengan mengetahui di mana posisi bentangan galaksi Bimasakti tersebut berada. Hal ini sangat mudah dilakukan, terlebih bila Anda sudah cukup hafal dengan pola-pola rasi bintang.

Untuk menemukan bentangan galaksi Bimasakti, hal pertama yang harus dicari adalah rasi bintang Sagitarius. Rasi bintang ini merujuk langsung ke arah jantung galaksi Bimasakti. Dengan menemukan rasi bintang Sagitarius, maka kita menemukan bentangan Bimasakti yang cukup terang untuk diamati.

Sepanjang Juli 2017 ini, rasi bintang Sagitarius sudah berada cukup tinggi di atas ufuk timur pada pukul 19.00 waktu setempat daerah Anda. Bila sudah berada di lokasi dengan tingkat polusi cahaya yang minim, Anda bisa langsung arahkan kamera Anda ke Sagitarius pada pukul 19.00 waktu setempat, Anda bisa memotret momen terbitnya bentangan galaksi Bimasakti.

Letak rasi bintang Sagitarius di awal malam. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy
Menurut pengalaman kami saat mengamati bentangan galaksi Bimasakti di langit malam Belitung, dalam pandangan mata telanjang, galaksi kita akan tampak bagaikan jalur berwarna putih samar lengkap dengan sedikit bercak cokelat kehitam-hitaman.

Melakukan Pemotretan Bimasakti

Dalam perburuan bentangan Bimasakti, pastikan Anda membawa kamera DSLR. Sebab, Anda berkesempatan untuk mengabadikannya untuk dibagikan atau dipamerkan kepada teman-teman Anda di media sosial. Bentangan galaksi Bimasakti itu Instagram-able, lho!

Kamera memiliki sedikit kelebihan dibanding mata kita; mereka lebih sensitif terhadap cahaya. Untuk memotret Bimasakti, gunakan lensa lebar dengan kecepatan tinggi. Lensa dengan bukaan atau aperture maksimum f/2,8 sangat dianjurkan.

Setel pula difragma kamera Anda ke angka yang paling kecil dari pengaturan yang ada di kamera Anda. Setel ISO kamera ke angka 3200 untuk mengumpulkan cukup cahaya, namun ini bukan patokan wajib, Anda bisa menentukan feel-nya sebagai sang fotografer. ISO 3200 dipakai sebagai awal saja, Anda dapat menyesuaikan naik atau turun sesuai keperluan Anda.

Pergunakan kecepatan rana atau shutter speed antara 13 atau 20 detik. Anda bisa juga menggunakan rumus aturan 500 dimana ini caranya adalah dengan membagi angka 500 dengan panjang lensa yang Anda gunakan. Contoh, Anda menggunakan lensa 24mm, maka shutter speed yang dapat Anda atur adalah 500/24 = 20,83 atau dibulatkan 20 detik.

Atur pula kamera Anda ke pengaturan manual untuk fokus dan jangan atur ke otomatis. Yang terakhir, atur kamera Anda ke jarak fokus terjauh.

Untuk yang masih awam dengan letak galaksi Bimasakti dan bingung harus motret ke arah mana, Anda bisa gunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar di toko aplikasi. Simak juga 5 aplikasi peta langit yang kami rekomendasikan di artikel ini.

Oh iya, sebelum Anda memilih destinasi mana yang akan Anda kunjungi untuk berburu galaksi Bimasakti, ada baiknya Anda perhatikan peta polusi cahaya di sini: youcanseethemilkyway.com/light-pollution/

Selamat berburu bentangan galaksi Bimasakti!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.