Header Ads

5 Lokasi Terbaik untuk Memotret Bimasakti di Indonesia

Baca Juga

Bentangan galaksi Bimasakti di langit malam. Kredit: Jum Richardson
Info Astronomy - Tak semua orang bisa atau pernah melihat bentangan galaksi Bimasakti di langit malam karena pencemaran polusi cahaya yang berlebihan. Tapi bila Anda ingin menyiapkan tur memotret Bimasakti, berikut kami berikan lima lokasi terbaik di Indonesia.

Bentangan galaksi Bimasakti sebenarnya hampir tiap malam bisa dilihat. Namun, sebagian besar orang hidup di tempat-tempat di mana tidak mungkin untuk melihat Bimasakti karena polusi cahaya dari lampu-lampu terang sepanjang malam. Melihat Bimasakti memerlukan kondisi lokasi pengamatan yang gelap gulita, bahkan cahaya Bulan pun dapat mengganggu.

Kenampakan bentangan galaksi Bimasakti memang tidak akan sejelas pada foto-foto yang tersebar di Internet. Anda perlu meluangkan waktu di bawah kegelapan malam untuk menatap langit. Dibutuhkan setidaknya 20 menit untuk mata manusia agar sepenuhnya beradaptasi dengan langit malam.

Bimasakti yang akan Anda lihat akan tampak samar, dengan warna putih bagai pita cahaya yang membentang dari cakrawala selatan ke cakrawala timur laut. Ada bagian yang terang, terutama di arah inti galaksi di bagian selatan langit, ada juga bagian gelap.

Sekarang, mari kita tengok di mana saja 5 lokasi terbaik untuk memotret Bimasakti!

1. Gunung Bromo

Bentangan Bimasakti di area sekitar Gunung Bromo. Kredit: Martin Marthadinata
Keindahan Gunung Bromo sudah tersiar hingga ke berbagai penjuru dunia. Bromo bukan hanya sekadar untuk melihat Matahari terbit, menikmati senja, atau berjalan-jalan di hamparan pasir luas bagaikan Gurun Sahara itu. Melainkan kita dapat melihat bentangan galaksi Bimasakti di sana. Bahkan, kenampakan Bimasakti di Gunung Bromo disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia, lho!

2. Pulau Belitung

Pesona bentangan galaksi Bimasakti di Pulau Belitung. Kredit: Martin Marthadinata
Siapa sangka Belitung menjadi salah satu lokasi terbaik untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti? Suasana malam yang masih gelap gulita dan kondisi cuacanya yang senantiasa cerah, Belitung wajib dikunjungi bila Anda ingin memotret atau bahkan melihat bentangan galaksi Bimasakti. Tim InfoAstronomy.org sempat berkunjung ke sana para Maret 2016, dan foto di atas adalah hasil jepretannya.

3. Pulau Waigeo, Raja Ampat

Galaksi Bimasakti dan bintang-bitang di atas Pulau Waigeo. Kredit: Alexander Thian
Walaupun Raja Ampat lebih dikenal sebagai wisata laut yang keindahannya sudah mendunia, ia juga merupakan salah satu destinasi wisata untuk memotret bentangan Bimasakti. Di pulau terbesarnya yang bernama Waigeo, bentangan galaksi Bimasakti bisa terlihat jelas dan cantik. Cocok untuk Anda yang ingin pergi jauh dari perkotaan untuk relaksasi ke ujung Indonesia.

4. Danau Segara Anak, Rinjani, NTB

Bimasakti di langit atas Danau Segara Anak, NTB. Kredit: Wahyu Widhi W.
Pernahkah Anda berkunjung ke Segara Anak? Bila belum pernah, mungkin Anda bisa jadwalkan liburan ke danau yang berada di kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. Danau Segara Anak adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat bentangan galaksi Bimasakti di Indonesia. Anda dapat berkemah di tepi Danau Segara Anak dan menikmati indahnya Bimasakti di malam hari.

5. Pulau Komodo

Gelapnya Pulau Komodo jadi dambaan pemburu Bimasakti. Kredit: Untung Sihombing
Jangan cuma main di Pulau Jawa, main juga ke pulau-pulau tetangga seperti Pulau Komodo. Di sana memang salah satu surganya Indonesia sebelah timur. Keindahan pulau ini bahkan sempat menarik perhatian dunia hingga jadi salah satu nominasi dari 7 Keajaiban Dunia. Cantiknya bentangan galaksi Bimasakti juga bisa disaksikan di Pulau Komodo, tepatnya di Gili Laba.

Nah, itulah lima lokasi terbaik untuk memotret Bimasakti di Indonesia. Sebenarnya galaksi Bimasakti bisa diamati di mana saja kok asalkan lokasi pengamatannya gelap gulita, bebas polusi cahaya kota, dan cuaca sedang cerah.

Oh iya, untuk tutorial memotret bentangan galaksi Bimasakti, silakan baca di sini: InfoAstronomy.org/bimasakti

Selamat berwisata untuk berburu Bimasakti!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.