Header Ads

Selamat Hari Asteroid!

Baca Juga

Kredit: Asteroidday.org
Info Astronomy - Hari ini, 30 Juni 2017, diperingati sebagai Hari Asteroid Internasional. Tahun ini menjadi tahun ketiga dalam penyelenggaraannya. Apa tujuan dari diadakannya Hari Asteroid ini?

Menurut panitia, Hari Asteroid adalah kampanye kesadaran global untuk membantu orang-orang belajar tentang asteroid dan apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi Bumi dari dampak asteroid.

Hari Asteroid diperingati setiap tanggal 30 Juni sebagai hari peringatan peristiwa Tunguska pada tanggal 30 Juni 1908, ketika sebuah asteroid meledak dengan kekuatan setara 100 ton TNT di ketinggian 5-10 kilometer di atas Krai Krasnoyarsk, Rusia sekitar pukul 7:14 waktu setempat yang telah menghancurkan area seluas sekitar 1.000 km persegi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah secara resmi memproklamasikan bahwa Hari Asteroid akan terus diperingati secara global pada tanggal 30 Juni setiap tahun dalam resolusinya.

Sejarah Hari Asteroid

Pada bulan Februari 2014, Brian May, astrofisikawan yang juga seorang gitaris untuk band rock Queen, mulai bekerja dengan Grigorij Richters, direktur film 51 Degrees North, yang mengisahkan tentang dampak asteroid fiksi di London dan kondisi manusia akibat peristiwa semacam itu.

May diberi mandat oleh Richters untuk menggubah musik untuk film tersebut. Setelah pemutaran film 51 Degrees North sukses di Festival Starmus 2014, Richter dan May berinisiatif untuk mendeklarasikan Hari Asteroid pada bulan Oktober 2014, yang secara resmi diumumkan dalam sebuah konferensi pers dengan Lord Martin Rees, Rusty Schweickart, Ed Lu, Thomas Jones, Ryan Watt, dan Bill Nye.

Konferensi pers Hari Asteroid pertama tersebut secara langsung disiarkan dari Science Museum di London, Akademi Ilmu Pengetahuan California, New York, hingga São Paulo.

Deklarasi

Kelompok kerja Hari Asteroid menciptakan sebuah deklarasi yang disebut sebagai "Deklarasi 100X", yang dianggap cukup menarik oleh semua ilmuwan dan ahli teknologi yang mendukung gagasan untuk menyelamatkan Bumi dari asteroid. Mereka semua pun menandatangi deklarasi ini.

Tiga tujuan utama Hari Asteroid adalah:

1. Memanfaatkan teknologi yang tersedia saat ini untuk benar-benar mendeteksi dan melacak asteroid dekat Bumi yang dapat mengancam populasi manusia melalui pemerintah dan organisasi swasta.

2. Akselerasi cepat seratus kali lipat dalam penemuan dan pelacakan asteroid dekat Bumi sampai 100.000 asteroid per tahun dalam sepuluh tahun ke depan.

3. Pemberitahuan secara global bahwa ada Hari Asteroid yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya asteroid dan usaha kita untuk mencegah dampak yang dapat timbul karenanya.

Pada tanggal 30 Juni 2014, dengan pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, melalui deklarasi ini Hari Asteroid pun ditetapkan. Percaya atau tidak, Bumi bukan tempat yang aman. Cepat atau lambat, sebuah asteroid raksasa mungkin saja akan menabrak planet kita.

Selamat Hari Asteroid.


Referensi: Asteroidday.org, EarthSky.org.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.